Logo BBC

Pandemi COVID-19 jadi Ajang 'Salah-salahan' AS dan China

Ilustrasi Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping memakai masker Corona.
Ilustrasi Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping memakai masker Corona.
Sumber :
  • bbc

 

Cardboard cutouts of U.S. President Donald Trump and Chinese President Xi Jinping, with protective masks widely used as a preventive measure against coronavirus disease (COVID-19), near a gift shop in Moscow, Russia

Reuters

Pandemi virus corona telah memperburuk hubungan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping

Saat ini bukanlah periode yang baik bagi dunia. Sebab, hubungan antara Amerika Serikat dan China masih bergejolak. Presiden Amerika Serikat Donald Trump beberapa kali memilih menyebut Virus Corona COVID-19 sebagai "Virus China". Ditambah lagi perkataan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyebutnya "Virus Wuhan".

Tak ayal, pernyataan kedua pejabat Amerika Serikat itu membuat Beijing tersinggung. Presiden dan Menteri Luar Negeri AS mengecam China karena kegagalannya dalam penanganan awal wabah tersebut. Tetapi juru bicara China sama sekali menolak gagasan bahwa mereka kurang transparan tentang apa yang sedang terjadi.

Sementara itu, media sosial di China telah menyebarkan berita bahwa pandemi COVID-19 tersebut disebabkan oleh program militer AS, di mana rumor yang mendapat daya tarik yang cukup besar.

Padahal, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa struktur virus sepenuhnya alami. Akan tetapi, ini bukan hanya perang narasi, sesuatu yang lebih mendasar sedang terjadi.