Pesawat Luar Angkasanya Meledak, Elon Musk Bikin Versi Baru

Kapsul SpaceX meledak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Petinggi SpaceX, Elon Musk baru saja berbicara soal kemajuan pesawat luar angkasa Starship, yang akan membawa manusia ke Planet Mars. Sebulan lalu, prototipe meledak saat menjalani tes. 

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Dikutip dari situs Independent, Minggu 29 Maret 2020, gambar prototipe generasi ketiga yang disebut SN3 telah dibagikan di media sosial Twitter, memperlihatkan tangki dan bagian-bagian mesin di pabrik perakitan di Texas Selatan, Amerika Serikat.

Pesawat itu sedang dibangun untuk membawa manusia dan barang-barang ke objek di sekitar tata surya, dan tujuan terakhir mereka adalah planet tetangga Bumi, Mars. 

Bernard Arnault, Orang Terkaya di Bumi Tahun 2024 dan Berhasil Geser Posisi Elon Musk

Starship akan diluncurkan dari Bumi menggunakan roket Super Heavy SpaceX. Pesawat kemudian akan menggunakan roketnya sendiri untuk bernavigasi, dan mendarat di permukaan Bumi saat kembali. 

Perusahaan yang  berbasis di AS ini telah melakukan berbagai tes pada prototipe generasi sebelumnya dan berakhir sukses, termasuk peluncuran dan pendaratan pesawat Starhopper. 

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Seperti dikatakan di atas, sebulan lalu uji tekanan kriogenik kurang berhasil dan menyebabkan ledakan yang cukup dramatis. 

Sebelum pergi ke planet merah, tujuan mereka adalah Bulan. Pesawat ruang angkasa akan menampung hingga 100 orang, dan direncanakan keliling bulan pada 2023.

Salah satu penumpang yang dipastikan berangkat adalah seorang miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa, yang akan menjadi turis ke satelit alami Bumi dan telah membayar uang jaminan untuk mengamankan kursinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya