Logo WARTAEKONOMI

Teknologi China Diganjal, Jaringan 5G Terancam Batal

Teknologi 5G.
Teknologi 5G.
Sumber :
  • cbc.ca

Ketegangan hubungan antara China dan Amerika Serikat yang berujung pada perang dagang berimbas pada pemutusan transaksi perdagangan vendor China seperti Huawei dalam implementasi jaringan 5G.

Hal itu diprediksi dapat menimbulkan fragmentasi antara ekosistem, yang akhirnya konsumen kehilangan manfaat dari adopsi standard global.

Melansir situs ZDNet, Senin, 30 Maret 2020, Ketua Asosiasi GSM Asia Pasifik, Gorman, mengatakan bahwa dalam meluncurkan layanan baru, fokus utama sebuah vendor biasanya mengurangi biaya dan mencapai skala manfaat yang lebih besar.

Dalam aspek ini, akan ideal bagi semua pemangku kepentingan untuk mengetahui ke mana arah industri ini dan untuk itu akan ada resolusi final.

Sementara itu, AS dan sekutunya harus berinvestasi di pesaing Huawei untuk memperlambat pertumbuhan pangsa pasar jaringan 5G milik perusahaan China.

Meski begitu, Amerika Serikat telah menunjuk vendor Finlandia Nokia dan Swedia sebagai kandidat potensial. Pemerintah AS sebelumnya menuduh Huawei berbagi informasi sensitif dengan pemerintah mereka dan menyediakan akses ke komunikasi bisnis swasta AS.

Pemerintahan Presiden Donald Trump juga menekan negara sekutu, seperti Selandia Baru, Australia, dan Inggris, untuk memboikot sistem telekomunikasi Huawei, khususnya peralatan 5G mereka. Trump melakukan ancaman akan "sulit" bagi AS untuk melakukan bisnis di negara-negara yang menggunakan peralatan Huawei.