Otak Manusia Purba Cerdas karena Suka Makan Seafood

Manusia purba.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Subspesies manusia asal Portugal, Neanderthal, dicurigai sebagai kelompok penyuka seafood atau makanan laut. Menurut penelitian terbaru menyebutkan bahwa komunitas tersebut tinggal di Portugal selama zaman es, atau sama seperti nenek moyang modern yang suka menangkap ikan.

Omega 3 Sulit Didapat dari Protein Hewani Binatang Darat, Dokter: Konsumsi Ikan atau Udang

Dikutip dari situs Science Alert, Senin, 30 Maret 2020, krustasea atau udang, moluska, ikan, burung, mamalia laut seperti lumba-lumba dan anjing laut adalah contoh makanan yang mereka konsumsi.

Tak pelak perilaku ini membuat mereka menjadi pemburu yang andal dalam menangkap ikan, hampir mirip dengan Homo sapiens modern. Peneliti melakukan penggalian di gua Figueira Brava, di dekat Setubal, Portugal.

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Mereka menemukan tempat pembuangan sampah rumah tangga yang berusia sekitar 86 ribu tahun yang lalu hingga 106 ribu tahun yang lalu. Tempat sampah ini dipenuhi dengan tulang dan cangkang hewan laut. Biasanya mereka memakannya dengan rusa dan kambing.

Kebiasaan mereka yang makan seafood ini menjadikan kelompok Neanderthal memiliki perilaku modern kognitif. Hubungannya ada pada asam lemak yang terdapat dalam seafood, seperti Omega-3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak.

Seru! Gaya Kolaborasi Duo Creator TikTok Bangun Restoran Seafood

"Bukti ini untuk menampik penelitian sebelumnya yang menyebut bahwa Neanderthal memiliki kesenjangan dengan manusia modern," ujar peneliti dalam makalah yang mereka publikasi.

Jarak antara pantai dengan pemukiman diperkirakan mencapai dua kilometer, sehingga peneliti menyebut kelompok purba ini menggunakan keranjang dan tas untuk memancing hewan di laut.

[dok. Aruna Indonesia]

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Aruna Indonesia menegaskan komitmen untuk memperluas pasar dengan menghadirkan beragam produk seafood yang diminati pasar global dan domestik.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024