Logo DW

Metode Darurat Perang untuk Perangi 'Pemberontak' COVID-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Science Alert

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump beberapa waktu lalu mengumumkan akan memberlakukan aturan darurat perang di negaranya yang mewajibkan pabrik memproduksi peralatan teknis pertahanan yang dibutuhkan dalam perang melawan Virus Corona COVID-19.

Hal ini memang terjadi kelangkaan alat-alat kesehatan yang penting untuk menyelamatkan nyawa pasien, terutama ventilator (alat pembantu pernafasan), masker dan pakaian pelindung khusus untuk tenaga medis.

Di Jerman, tanpa paksaan pun beberapa perusahaan menyatakan sudah mulai mengalihkan sebagian kapasitas produksi untuk membuat alat-alat kesehatan. Karena di banyak pabrik, kapasitas produksi sudah diturunkan, atau berhenti sama sekali, karena pandemi Corona.

Masalahnya, peralatan medis itu dibutuhkan sesegera mungkin. Bisakah instalasi produksi di pabrik-pabrik disesuaikan dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan medis, yang biasanya menuntut pengawasan kualitas yang tinggi?

Dari produksi bir beralih ke etanol, dari t-shirt ke masker pelindung

Beberapa pabrik bir di Jerman mengatakan sudah mulai memproduksi etanol, bahan dasar desinfektan yang sekarang dibutuhkan di hampir seluruh dunia.

Jerman adalah salah satu negara dengan konsumsi bir tertinggi di dunia. Hampir di setiap kota ada pabrik pembuatan bir sendiri. Produsen pakaian dalam Mey dan produsen pakaian olahraga Trigema di Jerman sekarang mulai memproduksi masker pelindung.