5 Tips Sederhana Work from Home Gara-gara Virus Corona

Tren work from home.
Sumber :
  • Codeburst

VIVA – Wabah Virus Corona COVID-19 membuat banyak perusahaan, baik besar maupun kecil, di seluruh dunia membuat skema kerja dari rumah untuk para karyawan mereka. Hal ini untuk memperlambat penyebaran Corona dengan mewajibkan masyarakat untuk melakukan social distancing lewat kebijakan work from home (WFH).

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Salah satu skema yang dianjurkan implementasi solusi teknologi yang dapat mendukung produktivitas karyawan selama mereka ada di rumah.

Perusahaan penyedia solusi sumber daya manusia (SDM/HR) di Indonesia seperti Sunfish HR dan GreatDay HR, DataOn, memberikan lima tips sederhana bagaimana praktik work from home dapat diimplementasikan oleh perusahaan maupun karyawan.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

“Pertama, konektivitas dan teknologi. Atasan dan karyawan yang bekerja dari rumah harus bekerja sama untuk memastikan mereka mendapatkan teknologi dan perangkat yang tepat serta bandwidth dan koneksi yang aman," kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Sunfish HR dan GreatDay HR, Gordon Enns, Selasa, 31 Maret 2020.

Kedua, yaitu alat komunikasi. Menurut Gordon, atasan harus menyediakan alat komunikasi yang baik seperti fitur chat, webcam, platform konferensi video, dan lainnya agar karyawan tetap saling terhubung.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Selanjutnya atau ketiga adalah manajemen performa. Ia menilai bahwa atasan sebaiknya menetapkan ekspektasi yang jelas akan jam kerja, penyampaian kerja, prioritas dan lainnya.

Keempat, membuat ruang kerja. Artinya, lanjut Gordon, tentukan ruang kerja dan pastikan hal itu diatur dengan benar, terhubung, dan nyaman.

Terakhir atau kelima yakni mengelola gangguan. Jika tinggal bersama anggota keluarga atau teman serumah, pastikan mereka mengenali kapan Anda membutuhkan privasi Anda untuk bekerja dan menghormatinya.

"Jadikan hari kerja Anda di rumah serupa mungkin dengan hari kerja Anda di kantor, misalnya, jangan terlibat dalam aktivitas lain saat Anda seharusnya bekerja," ungkap Gordon.

Bukan itu saja. Untung mendukung praktik work from home (WFH), Sunfish HR dilengkapi berbagai fitur lengkap yang mendukung produktivitas seperti chat, timesheet activity, time and attendance report, serta company policy yang dapat diakses dengan mudah melalui sistem komputasi awan (cloud).

Sementara itu bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi GreatDay HR, untuk mendukung social distancing, karyawan bisa bisa menggunakan fitur komunikasi chat internal, teknologi geo-tagging dan activity recording.

"Dengan fitur ini komunikasi antar karyawan tetap dapat dilakukan secara teratur, termasuk memantau aktifitas dan lokasi karyawan selama WFH secara real-time," papar Gordon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya