Waspada, Droplets Virus Corona Bisa 'Muncrat' Hingga Jarak 8 Meter

Virus corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Seorang peneliti di Massachusetts Institute of Technology atau MIT memperingatkan bahwa tetesan atau droplets dari coronavirus dapat mencapai jarak 27 kaki atau 8 meter.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Lydia Bourouiba, seorang profesor di MIT dan ahli dalam dinamika fluida, menjelaskan bahwa bersin misalnya bisa menghasilkan awan gas turbulen yang berisi tetesan coronavirus.

"Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa pernafasan, bersin dan batuk tidak hanya terdiri dari tetesan mukosa yang mengikuti lintasan emisi, yang penting, terutama dibuat dari gas turbulen multifasa yang masuk ke udara sekitar dan perangkap serta terbawa ke dalam itu adalah kumpulan tetesan dengan rangkaian ukuran tetesan," tulis Bourouiba dalam jurnal ilmiah.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Selama pandemi coronavirus berlangsung, masyarakat telah disarankan untuk mengaja jarak sosial untuk membatasi risiko penularan. Namun penelitian Bourouiba menunjukkan bahwa tetesan atau droplets dapat melakukan 'perjalanan' lebih jauh dari itu.

Bourouiba menjelaskan bahwa kisaran droplets, baik itu besar maupun kecil, diperpanjang melalui interaksi dan terjebak dalam awan gas turbulen.

Mereda, Israel Buka Kembali Ruang Udara Setelah Dibombardir Iran

"Droplets yang mengendap di sepanjang lintasan dapat mencemari permukaan, sementara sisanya tetap terperangkap dan terkumpul di awan yang bergerak," tulisnya, dilansir Foxnews.

"Akhirnya awan dan muatan tetesannya kehilangan momentum dan koherensi, dan tetesan yang tersisa di dalam awan menguap, menghasilkan residu atau inti tetesan yang mungkin tetap melayang di udara selama berjam-jam, mengikuti pola aliran udara yang dipaksakan oleh sistem ventilasi atau kontrol iklim," tutur dia.

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Konsulat Iran di Damaskus diserang Israel, Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal menuju Israel. Namun, Yordania dan Arab Saudi tampaknya menjegal serangan itu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024