Pesan Google Doodle soal COVID-19: Beraktifitas di Rumah Aja, Guys

Google Doodle Work from Home.
Sumber :
  • Dok. Google

VIVA – Google Doodle memberi pesan kepada seluruh penggunanya di dunia untuk tetap beraktifitas di rumah (work from home/wfh) sebagai bagian dari penyelamatan nyawa di tengah wabah Virus Corona COVID-19. Virus ini diperkirakan sudah menginfeksi banyak penduduk di dunia dan menyebabkan 53 ribu jiwa melayang.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Dikutip dari situs News Today Net, Jumat, 3 April 2020, dua huruf "G" di Google Doodle hari ini, masing-masing sedang membaca buku dan menelepon orang terkasih. Huruf lainnya menggambarkan sedang berolahraga, bernyanyi, dan bermain gitar.

Begitu mengklik gambar Doodle, pengguna akan diarahkan ke hasil pencarian dengan kata kunci 'coronavirus tips', Google menampilkan informasi resmi dari World Health Organization (WHO) pada urutan teratas tentang bagaimana cara melindungi diri dari COVID-19.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Penyebaran Virus Corona hanya bisa dihentikan dengan melakukan penguncian wilayah atau menjaga jarak. Google Doodle juga meminta warga dunia untuk tinggal di rumah dan menghindari keramaian atau physical distancing. Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu juga telah meluncurkan situs informasi tentang pandemi ini.

Selain informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Google juga menampilkan informasi lainnya dari organisasi kesehatan dan kemanusiaan resmi, serta berita dari media jurnalistik yang kredibel.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Mereka juga menyediakan wadah untuk masyarakat bisa bekerja dari rumah, menemukan peluang kerja dari jarak jauh, belajar dari rumah dan lain sebagainya. Kepala Eksekutif Google, Sundar Pichai, bahkan memberi US$800 juta untuk usaha kecil dan menengah (UKM), WHO, serta petugas medis.

"Ketika wabah virus corona memburuk di dunia, itu memakan korban jiwa. Untuk membantu mengatasi beberapa tantangan, kami mengumumkan komitmen untuk membantu UKM, WHO dan petugas medis yang menjadi garda terdepan," kata Pichai, lewat blog Google.

Selain itu, Google akan memberi US$250 juta dalam bentuk hibah iklan untuk WHO dan lebih dari 100 lembaga pemerintah di dunia untuk membantu memerangi penyebaran dan pencegahan COVID-19.

Kemudian hibah iklan US$20 juta akan diberikan ke lembaga keuangan masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk memberi pengumuman kepada publik tentang dana bantuan dan sumber daya untuk UKM. 

Akan ada investasi US$200 juta untuk mendukung LSM dan lembaga keuangan menyediakan bantuan untuk UKM. Pichai juga memberi kredit Google Cloud US$20 juta untuk lembaga pendidikan dan peneliti dalam meningkatkan kemampuan komputasi dan infrastruktur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya