Viral! Emoji Pakai Masker Medis Dipakai di Masa Pandemi COVID-19

Emoji masker wajah COVID-19.
Sumber :
  • Dok. Emojipedia

VIVA – Emoji saat ini rutin digunakan untuk mengungkapkan berbagai ekspresi, tak terkecuali di masa pandemi virus corona (COVID-19). Emojipedia mempelajari ribuan tweet di Twitter untuk menganalisis bagaimana warganet menggunakan emoji di masa seperti sekarang ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dikutip dari situs Business Insider, Jumat, 3 April 2020, mereka menemukan emoji wajah yang menggunakan masker medis dan emoji mikroba menjadi yang paling populer.

Emoji wajah menggunakan masker dan mikroba ditemukan memiliki korelasi yang erat dengan istilah coronavirus dan COVID-19. Persentase mikroba mencapai 42,09 persen, sedangkan emoji wajah mengenakan masker sebesar 36,82 persen.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kemudian, mereka mengukur emoji yang lebih banyak muncul pada 200 ribu tweet yang menyebut virus corona atau coronavirus, dua emoji teratas adalah tertawa geli dengan jumlah pemakai 1.865 dan emoji tertawa sampai terguling sebanyak 782.

Popularitas keseluruhan emoji juga diukur Emojipedia dengan grup kontrol. Pengukuran ini menunjukkan emoji yang meningkat penggunaannya selama masa wabah COVID-19.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Emoji yang meningkat drastis adalah mikroba, bendera Italia, tanda peringatan, lampu mobil polisi, wajah mengenakan masker, indeks backhand, lingkaran merah dan wajah berteriak ketakutan.

Lalu, untuk menunjukkan bagaimana emoji memiliki korelasi dengan virus corona, Emojipedia membandingkan kenaikan dengan emoji kesehatan lain yang tidak terkait. Grafik menunjukkan bahwa emoji mulai meningkat saat COVID-19 menyebar di Amerika Serikat (AS).

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024