Logo DW

Pemerintah Tak Perlu Repot Basmi Kartel Narkoba, Cukup Lockdown Corona

Penangkapan anggota kartel narkoba Meksiko.
Penangkapan anggota kartel narkoba Meksiko.
Sumber :
  • U-Report

Pemerintah Meksiko kini tak perlu repot-repot membasmi kartel narkoba di negaranya. Cukup menerapkan kebijakan isolasi diri di rumah atau lockdown akibat wabah Virus Corona COVID-19.

Hal ini terbukti ampuh untuk melumpuhkan bisnis kartel narkoba Meksiko. Jika Anda berkunjung ke Pasar Tepito di Mexico City, ibu kota Meksiko, tidak ada barang yang tidak dapat Anda temukan, demikian disampaikan oleh penduduk setempat.

Di pasar berupa gang labirin yang berisi warung-warung tersebut, Anda dapat membeli apa pun yang Anda butuhkan. Mulai dari pakaian bermerk, TV layar datar, mainan, kacamata, drone, ponsel, dan masih banyak lagi.

Selain itu, barang-barang yang diproduksi di bengkel-bengkel informal juga dijual, demikian juga barang-barang imitasi dari China, obat-obatan terlarang dan senjata.

Pasar Tepito dikendalikan oleh geng kriminal bernama Union Tepito. Dan siapa pun yang menjual produk mereka di sini harus membayar ‘uang perlindungan’. Setiap minggunya, kelompok mafia ini bisa mengeruk ratusan ribu peso melalui kegiatan ini.

Barang-barang dengan harga terendah

Biasanya, Tepito sangat populer di kalangan pembeli karena harganya yang sangat murah, meskipun pembeli tidak mendapatkan struk atas pembelian mereka, apalagi jaminan.