Sambil #DiRumahAja, NASA Mau Ajak Kamu ke Luar Angkasa, Penasaran?

Ilustrasi astronot.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Banyak negara di dunia telah menerapkan social dan physical distancing untuk menekan penyebaran wabah Virus Corona COVID-19. Akibatnya, sebagian besar kegiatan perkantoran bahkan kegiatan belajar dilakukan secara online dari rumah (work from home).

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Di tengah kondisi ini, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA meluncurkan kegiatan baru yang disebut 'NASA at Home', berupa video, podcast, proyek do-it-yourself bahkan tur virtual.

"Kami tahu orang di mana-mana, terutama para pelajar, sedang mencari cara untuk keluar dari rumah tanpa benar-benar meninggalkan rumah mereka," kata Associate Administrator untuk NASA's Office of Communications, Bettina Inclan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"NASA memiliki cara bagi mereka untuk melihat ke langit dan melihat ke luar angkasa, namun kaki mereka tetap berada di tanah dengan aman, tetapi imajinasi mereka bebas untuk mengeksplorasi ke mana pun kita pergi," ujar Inclan, seperti dilansir dari situs Mirror, Senin 6 April 2020.

Kegiatan yang diluncurkan oleh NASA juga memiliki sejumlah opsi tur virtual termasuk ke beberapa pusat ruang angkasa milik Nasa di Bumi, serta beberapa opsi lainnya. Berikut ini daftar lengkap tur virtual yang ditawarkan NASA:

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

1. Commercial Crew Program 360-Degree VR Tour: berisi video mendalam mengenai kisah inovasi di NASA.

2. Go for Flight: tur ke NASA's Armstrong Flight Research Centre, termasuk ke gedung administrasi utama, pemandangan hangar pesawat terbang, ruang kontrol, dan area belakang tempat persiapan akhir pesawat sebelum terbang.

3. Next Stop: menjelajah SOFIA, observatorium terbang NASA, pesawat Boeing 747SP yang dimodifikasi untuk membawa teleskop 106 inchi.

4. Pusat Operasi Misi Hubble Space Telescope: tur ke rumah Hubble Space Telescope, Pusat Pengendalian Operasi Teleskop Luar Angkasa yang berada di NASA's Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland.

5. NASA's Exoplanet Excursions: perjalanan yang dipandu melalui sistem bintang TRAPPIST-1 yang menakjubkan, dikenal sebagai rumah dari 7 exoplanet seukuran Bumi yang mengorbit bintang, yang sedikit lebih besar dari Jupiter.

6. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS): Astronot NASA, Suni Williams, akan membawa Anda dalam tur ke ISS.

7. Virtual 3D Tour ke ISS: Pasang kacamata 3D Anda, untuk berkunjung ke virtual modul ISS.

8. Exoplanet Travel Bureau: visualisasi 360 derajat dari permukaan planet-planet bintang lainnya.

9. Glenn Research Centre: melihat ke dalam fasilitas NASA Glenn Research Centre.

10. Langley Research Centre: melihat ke dalam Pusat Penelitian Langley, pusat lapangan tertua milik NASA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya