Semua Pencarian Mengenai Virus Corona di Google Melonjak Drastis

Google Search.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Google mencatat sejumlah tren penelusuran soal Virus Corona COVID-19 di Indonesia sepanjang Maret 2020. Tren teratas pertanyaan 'bagaimana cara mencegah virus corona?' melonjak hingga lebih dari 3.840 persen.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Mereka mengatakan orang Indonesia masih mempelajari mengenai Covid-19 hingga beberapa waktu terakhir. Pencarian soal gejala, penyebaran, pencegahan sampai kabar terkini penyebaran di Indonesia meningkat secara signifikan. Highlight lainnya adalah minat penelusuran pada bulan lalu terjadi pada 16 Maret 2020.

Pencarian lainnya yang mengalami lonjakan adalah 'bagaimana penyebaran virus corona?' hingga lebih dari 3.010 persen pada Maret 2020. Adapula 'gejala awal coronavirus' menanjak lebih dari 8.600 persen serta 'update virus corona di Indonesia' lebih dari 4.700 persen.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Selain itu, selama tujuh hari per 3 April 2020, Google mencatat adanya dominasi penelusuran soal gejala pandemi Corona. Penelusuran seperti 'gejala-gejala orang yang terkena Covid-19' yang menanjak lebih dari 9.800 persen.

Lima tren pertanyaan teratas seputar dalam tujuh hari terakhir adalah 'berapa hari masa inkubasi Covid-19?', 'apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah Covid-19?', 'apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri?', 'apa nama binatang yang diduga menjadi penyebab Covid-19?', serta 'Jelaskan penyebab seseorang terpapar Covid-19?'

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Sedangkan, lima tren pertanyaan teratas seputar gejala tujuh hari terakhir di Indonesia yaitu 'sebutkan gejala-gejala orang yang terkena Covid-19', 'gejala corona awal', 'gejala corona hari pertama', 'gejala dan pencegahan virus corona' dan 'gejala Covid-19 dari hari ke hari'.

Google juga mencatat sepuluh provinsi dengan minat penelusuran seputar Virus Corona tertinggi dalam tujuh hari yaitu Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kalimantan Selatan.

Adapun sepuluh kota yang tercatat sebagai minat penelusuran tertinggi COVID-19 dalam satu minggu terakhir adalah Kuta Utara, Kota Agung, Karangasem, Betun, Abiansemal, Gianyar, Toboali, Kuta, Nganjuk, dan Pagar Alam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya