Logo BBC

Meski Ada Corona, Mustahil Larang Jual Beli Daging Satwa Liar di China

Trenggiling.
Trenggiling.
Sumber :
  • Foxnews

virus corona, china, satwa liar
EIA

Organisasi pelestarian lingkungan mengatakan kebijakan larangan permanen perdagangan daging satwa di China tidak akan efisien jika perdagangan satwa liar untuk kepentingan obat-obatan tradisional, pakaian, dan ornamen masih diperbolehkan.

Pemerhati lingkungan mengatakan pengecualian larangan ini merupakan celah, yang berarti jual-beli daging satwa liar masih memungkinkan terjadi.

Larangan ini diterapkan pemerintah China sejak Februari lalu setelah muncul kecurigaan bahwa satwa liar yang diperjualbelikan di sebuah pasar di kota Wuhan adalah sumber awal mula wabah Virus Corona COVID-19 yang sedang terjadi. Ada kekhawatiran bahwa pengecualian larangan ini berarti daging satwa liar masih dijual di pasar gelap.

Kepercayaan pada obat tradisional

Satwa yang dilindungi seperti trenggiling dan macan tutul masih diperbolehkan untuk diperdagangkan dalam larangan tersebut, sehingga bagian tubuh mereka dapat digunakan dalam pengobatan tradisional China.

"Meskipun manfaat obat dari banyak produk satwa liar belum terbukti secara ilmiah, kepercayaan pada sistem ini kuat," kata Terry Townshend, konsultan konservasi satwa liar yang berbasis di China dan pendiri Birding Beijing.

"Misalnya, saya tahu keluarga yang sangat berpendidikan yang memiliki dua anak, satu memiliki masalah kesuburan dan yang lainnya bekerja dalam konservasi satwa liar. Meskipun sangat menyadari kurangnya bukti ilmiah, anak yang memiliki masalah kesuburan menggunakan obat tradisional dari trenggiling `sebagai upaya terakhir` karena mereka menyatakan telah mencoba yang lain,” tambahnya.