Logo BBC

Virus Corona Muncul akibat Eksploitasi Alam Besar-besaran oleh Manusia

Ilustrasi virus corona.
Ilustrasi virus corona.
Sumber :
  • U-Report

trenggiling
Getty Images
Virus corona diduga berasal dari kelelawar, dengan hewan liar lainnya, kemungkinan trenggiling (pangolin), yang berperan dalam penularan kepada manusia.

Eksploitasi alam besar-besaran yang dilakukan manusia selama ini mendorong munculnya sejumlah wabah penyakit baru. Salah satunya Virus Corona COVID-19. Tentu, hal ini sekadar isapan jempol.

Ada bukti baru yang bisa menjelaskan hubungan antara eksploitasi manusia terhadap alam dan pandemi. Kontak dekat dengan hewan liar melalui perburuan, perdagangan, atau hilangnya habitat menempatkan dunia pada peningkatan risiko wabah penyakit baru, kata para ilmuwan.

Seperti diketahui, Virus Corona diduga berasal dari kelelawar, dengan hewan liar lainnya, kemungkinan trenggiling (pangolin), yang berperan dalam penularan kepada manusia. Ada indikasi kuat antara keberadaan satwa liar dan kaitannya dengan perdagangan.

Dalam studi terbaru, para peneliti menghimpun makalah ilmiah tentang penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia, kemudian menggabungkan data ini dengan informasi perihal risiko kepunahan yang disusun International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Seized ivory in Malaysia
Getty Images
Ribuan gading ilegal di Malaysia siap untuk dimusnahkan.