Sony Ungkap 'DualSense', Kontroler Terbaru PlayStation 5

DualSense PS5.
Sumber :
  • Blog PlayStation

VIVA – Sony mengungkap konsol game Playstation 5 (PS5) terbaru dan menyebutnya sebagai 'keberangkatan radikal' dari produk-produk sebelumnya. Dinamakan 'DualSense', kontroler terbaru dari PS5 hadir dengan berbagai fitur termasuk umpan balik haptic, mikrofon internal dan desain teranyar.

Debut Global di Indonesia, Realme 12 Plus 5G Diperkuat Sensor Sony dan SuperOIS

Perubahan utama dalam desain terbaru kontroler PS5 yakni pengontrol lebih besar dan tebal dibandingkan DualShock 4 pada Playstation 4, mirip dengan desain kontroler Xbox One.

Bos PlayStation, Jim Ryan, mengatakan bocoran tentang konsol dan desainnya akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Samsung Galaxy S24 dan Vivo Y100 5G Tampil ke Publik, Ponsel lipat Sony Masih Malu-malu

Sony menyebut pengembangan kontroler terbaru sebagian besar berfokus pada 'sense of touch inside gameplay'. Pihak perusahaan menyebut pengembangan itu belum menjadi fokus besar bagi banyak game, di mana pada sisi audio, PS5 disebut memiliki serangkaian peningkatan kemampuan perangkat keras.

Untuk meningkatkan sensasi sentuhan pada kontroler, Sony menambahkan umpan balik haptic yang menambahkan getaran tepat dan kuat saat sedang bermain.

Warga Jakarta Bisa 'Mencicipi' Game Spiderman 2 di Playstation 5

Sebelumnya, kontroler Nintendo Switch juga sudah dilengkapi fitur seperti itu, sehingga memungkinkan pemain untuk memegang kontroler dan membuatnya seperti sedang menggerakkan benda virtual.

"DualSense juga menyertakan 'pemicu adaptif' pada tombol L2 dan R2, sehingga Anda dapat benar-benar merasakan ketegangan, seperti misalnya ketika memegang busur untuk menembakkan panah," kata Ryan, dikutip dari situs Independent, Kamis 9 April 2020.

Kontroler baru ini juga mencakup susunan mikrofon, yang memungkinkan pemain untuk mengobrol tanpa perlu memasang headset. Dari segi warna, kontroler PS5 juga memiliki desain terbaru dengan dua warna dan bilah cahaya di sisi touch pad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya