Tips Ampuh Bersihkan Konsol Game, Pakai Tusuk Gigi

Main konsol game.
Sumber :
  • languageproject.co.uk

VIVA – Main game adalah cara terbaik bagi masyarakat dunia bisa membunuh waktu di saat isolasi mandiri. Ada dari mereka yang bermain dengan smartphone, dekstop bahkan konsol game. Sambil bermain, para gamer juga terkadang ditemani dengan sekotak camilan atau hewan peliharaan.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Mungkin tidak semua memperhatikan kebersihan. Tangan yang kotor akan membuat alat bermain menjadi berminyak dan dipenuhi kuman. Belum lagi jika tak sengaja menyentuh wajah, yang akan semakin memudahkan kuman masuk ke dalam tubuh. 

Dikutip dari situs Mashable, Jumat, 10 April 2020, di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, kita semua harus menjaga kebersihan dan kesehatan. Mungkin sudah banyak cara membersihkan layar ponsel atau dekstop, tapi berbeda dengan konsol game.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Cairan atau bahan kimia tidak boleh digunakan pada konsol game seperti Nintendo, Xbox dan Stadia. Mereka hanya merekomendasikan kain kering untuk membersihkannya.

Tapi jika ingin melakukan disinfektasi sepenuhnya pada alat game ini, pengguna terpaksa sedikit mengabaikan peraturan dan berhati-hati saat menggunakan cairan atau bahan kimia.

431 Kerbau di OKI Sumsel Mati Mendadak, Ini Penyebabnya

Kalian bisa menggunakan tusuk gigi, sikat gigi kering atau katembat, serta dua kain bebas serat. Kemudian ada bahan yang boleh dilewatkan, seperti botol semprot, air, sabun cuci piring dan penghilang disinfektan.

Cara membersihkannya adalah dengan mematikan konsol game dan lepaskan semua kabel serta aksesoris untuk meminimalisir kerusakan. Untuk konsol Nintendo Switch, lepaskan juga cartridge game dan dua joy-cons.

Gunakan tusuk gigi untuk membersihkan sela-sela jahitan dan lubang kecil. Jangan lupa juga bersihkan sekitar tombol, casing, trigger dan bumper.

Sikat gigi kering digunakan untuk bagian casing dan tombol, guna membersihkan serpihan. Jangan lupa juga menyikat port pengisian daya dan bagian bawah konsol.

Setelah membersihkan bagian terkecil, gunakan lap atau kain untuk membersihkan bagian depan dan belakang. Kemudian jika tidak menggunakan cairan disinfektan, bisa juga menggunakan sabun cuci piring.

Saat mencampurnya ke air, perhatikan ukurannya dan jangan sampai membuatnya berbusa. Cairan bisa dimasukkan ke dalam semprotan untuk melembapkan kain, ingat untuk tidak dalam kondisi basah.

Pastikan lagi untuk sangat berhati-hati karena perusahaan konsol game tidak merekomendasikan pembersihan dengan cairan atau bahan kimia. Kemudian gunakan lap kedua untuk mengeringkan konsol game.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya