Uniknya Wisuda Digelar Secara Virtual akibat COVID-19

Wisuda virtual di Jepang.
Sumber :
  • https://bbt.ac/

VIVA – Pandemi Virus Corona COVID-19 telah memaksa sejumlah orang untuk tetap berada di rumah. Begitu pun pelajar yang sekolah. Bahkan ada juga yang tidak menggelar acara wisuda karena pandemi ini. Tapi tidak dengan satu universitas di Jepang.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Dari situs Mashable, Minggu, 12 April 2020, Business Breakthrough University (BBT University) menggelar wisuda virtual pada 28 Maret lalu di Hotel Grand Palace, Chiyoda, Tokyo, Jepang.

Sebagian besar siswa masuk di upacara tersebut melalui aplikasi video konferensi Zoom. Dalam acara tersebut ada robot yang bertugas menerima sertifikat layaknya upacara wisuda pada umumnya bernama Newme.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Wisuda virtual di Jepang.

Robot-robot ini didesain menggunakan kostum wisuda lengkap dengan gaun dan topi toga. Tangan robot juga diprogram untuk bisa bergerak menerima sertifikat. Kemudian, pada bagian wajah robot-robot ini juga memiliki tablet yang menampilkan wajah siswa yang diwakilinya.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Salah satu wisudawan, Kazuki Tamura, menceritakan kisah ini. "Saya rasa, ini benar-benar pengalaman yang baru, menerima sertifikat kelulusan di tempat umum, sementara saya berada di rumah," kata dia.

Wisuda virtual di Jepang pakai Aplikasi Zoom.

Sementara Robot Newme, yang dipakai untuk mewakili para wisudawan ini, diciptakan oleh ANA Holdings. Para robot ini juga diberi topi dan jubah wisuda untuk mewakili mahasiswa yang lulus.

Hal di atas bisa dibilang unik dan menarik. Meski begitu, ini bukan pertama kalinya upacara wisuda diadakan di Jepang saat wabah Virus Corona. Awal bulan lalu, sebuah sekolah dasar mengadakan upacara kelulusan game Minecraft. Di mana, saat itu para siswa hadir dengan tampil sebagai avatar virtual dalam game tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya