Aplikasi PeduliLindungi Sudah Bisa Diunduh di iPhone

Aplikasi PeduliLindungi.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah tersedia dan bisa diunduh oleh pengguna iPhone di Appstore. Sebelumnya, aplikasi ini hanya tersedia di Playstore untuk Android.

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan hingga saat ini aplikasi PeduliLindungi sudah digunakan 450 ribu pengguna di seluruh Indonesia. Dengan hadir di Appstore, maka diharapkan pengguna semakin banyak dan upaya memutus mata rantai COVID-19 yang masih masif.

"Pengguna iPhone sudah bisa install. Semakin banyak yang install semakin masif upaya kita memutus mata rantai pandemi Corona," kata Johnny di Jakarta, Selasa, 14 April 2020.

Daftar Harga iPhone per 9 April 2024, Ada Diskon 40 Persen

Ia juga menjelaskan, dalam rangka memutus penyebaran Virus Corona, pemerintah telah menetapkan Aplikasi PeduliLindungi lewat Keputusan Menkominfo No 171 Tahun 2020  tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilance kesehatan pencegahan COVID-19.

Johnny menyebut keputusan tersebut sebagai dasar penyelenggaraan tracing, tracking dan fencing melalui infrastruktur, sistem dan aplikasi telekomunikasi untuk mendukung Surveillance Kesehatan. Keputusan ini melengkapi Keputusan Menkominfo No 159 Tahun 2020.

iPhone Apa Saja yang Dapat dan Tidak Bisa Update iOS 18

"Keputusan Menteri ini bersifat khusus, atau berlaku hanya untuk keadaan darurat wabah sampai dengan Pemerintah menyatakan keadaan kondusif dan keadaan darurat berakhir," ungkapnya. Dengan keputusan tersebut juga memberikan jaminan perlindungan data pribadi sesuai perundang-undangan.

PeduliLindungi merupakan aplikasi tracking yang bisa melacak pergerakan orang terpapar Corona selama 14 hari terakhir. Platform ini juga tersambung dengan operator seluler lainnya untuk menghasilkan visualisasi yang sama.

Hasil tracking dan tracing, nomor-nomor yang berada di sekitar orang positif COVID-19 akan diberi peringatan untuk segera menjalankan protokol kesehatan. Aplikasi PeduliLingungi digunakan pula untuk memonitor pendatang dari luar negeri dan pos lintas batas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya