Ada Naga di Planet Mars

Ilustrasi kehidupan manusia di Planet Mars.
Sumber :
  • YourNewsWire

VIVA – Ada naga di Planet Mars. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis sebuah foto mengesankan yang tampak seperti seekor naga yang diukir di permukaan Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Gambar lanskap planet merah ini diambil oleh kamera HiRISE milik University of Arizona yang terpasang pada wahana antariksa Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA.

Asal tahu saja, wahana ini telah mengumpulkan informasi berharga dari planet merah itu sejak 2006. Foto ukiran mirip naga itu diambil dari ketinggian 160 mil.

Tradisi Menyambut Perayaan Imlek, dari Sembahyang Para Leluhur hingga Terima Angpao

"Kami merotasi foto ini menjadi berwarna terang di arah barat daya Melas Chasma, karena dari perspektif ini pola tersebut menyerupai naga China yang termasyhur," tulis akun Twitter resmi HiRISE, dilansir dari situs The Sun, Jumat, 17 April 2020.

Kolaborasi Seni dan Tradisi, Keunikan Instalasi Naga di Imlek 2024

Sebenarnya, ini bukan kali pertama NASA mendapati penampakan-penampakan unik di Planet Mars. Sejak kali pertama MRO mencapai orbit Mars pada 2006, wahana antariksa tersebut tidak pernah berhenti mengirimkan informasi berharga mengenai planet merah tersebut ke Bumi.

Pada 2018 misalnya, kamera MRO menemukan penampakan Pac-Man yang sedang makan. Lalu, pada tahun lalu, NASA juga menemukan bukit pasir yang bentuknya mirip logo Starfleet dari film Star Trek. Namun, untuk penampakan naga kali ini, MRO mengambil fotonya pada 4 Juli 2007 dari ketinggian 258 kilometer.

Akan tetapi, NASA baru merilis foto tersebut dalam keadaan sudah dirotasi pada 11 April 2020. Naga berwarna terang tersebut sebetulnya adalah bagian lantai Chasma Melas di Mars, sebuah ngarai raksasa yang memotong sisa-sisa danau purba yang sudah mengering.

"Sepanjang lantai Melas Chasma adalah sebuah deposit blok-blok aneh yang terdiri dari blok-blok berwarna terang di dalam matrix berwarna lebih gelap. Blok-blok ini beragam ukurannya, tetapi mayoritas berdiameter 100-500 meter," demikian keterangan resmi University of Arizona dalam blog resminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya