Virus Corona Ancam Nyawa Awak Stasiun Luar Angkasa Internasional

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Sumber :
  • Asgardia.Space

VIVA – Virus Corona ancam nyawa awak Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS). Alasannya, karena seorang pejabat senior Rusia yang hadir dalam peluncuran di laboratorium luar angkasa pekan lalu dinyatakan positif COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Wakil Kepala Energia Rocket dan Space Corportation, Evgeniy Mikrin, hadir di lokasi peluncuran Baikonur Kazakhstan pekan lalu. Saat ini ia dinyatakan positif Corona dan telah melakukan isolasi diri atau lockdown, dikutip dari laman The Sun, Selasa, 21 April 2020.

Namun, bukan Mikrin yang menjadi masalah penyebaran. Kepala Roscosmos, Dmitry Rogozin, ternyata melakukan kontak dengan Mikrin. Ia diketahui terbang dari Moskow bersama dengan Kepala Roscosmos, Dmitry Rogozin, dalam pesawat pemerintah Rusia, Aeroflot.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Keduanya juga terlihat duduk bersebelahan walaupun dalam acara tersebut dibatasi oleh kaca dari para angkasawan sebelum mereka meluncur ke orbit pada 9 April lalu.

Dalam acara peluncuran itu, Rogozin diketahui terlihat berdekatan dengan dua kosmonot Rusia serta satu astronot Amerika Serikat (AS).

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam beberapa foto menunjukkan Rogozin terlihat ada yang memakai dan tanpa masker. Sedangkan wajah astronot NASA, Chris Cassidy dan kosmonot Rusia Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner terlihat tidak tertutup masker.

Rogozin juga terlihat berdiri sekitar 1,8 meter dari tiga angkasawan tersebut saat melakukan upacara perpisahan. Dalam gambar acara tersebut tidak ada Mikrin yang berdiri dekat dengan kru.

Dalam acara itu Cassidy mengatakan jika sebelum peluncuran Soyuz MS-16, kru berada dalam karantina ketat satu bulan sebelum peluncuran. Ia juga mengklaim jika timnya berada dalam kondisi sehat.

Mikrin saat ini berada di rumah dan melakukan isolasi mandiri namun menurut sebuah sumber tidak memiliki gejala klinis penyakit. Rogozin meyakini belum dites positif Virus Corona COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya