Banyak Streaming Video hingga Main Game Online, Internet Jadi Lemot

Konsumsi Video Streaming Meningkat - Sorot Fenomena Layanan Bioskop Online
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Operator seluler XL Axiata mengungkapkan masa-masa pembatasan jarak di Indonesia karena Virus Corona (COVID-19) membuat trafik data rata-rata mingguan mereka naik hingga 15 persen. Puncaknya terjadi pada 16-31 Maret 2020 yang mencapai 18 persen dan diklaim akan terus bertahan.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

"Kita lakukan optimasi jaringan di seluruh rumah sakit rujukan, termasuk menempatkan Mobile BTS di rumah sakit darurat, seperti Wisma Atlet Kemayoran," kata Pelaksana Tugas Chief Techology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Rabu, 22 April 2020.

Ia juga menjelaskan akan terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia. Penguatan jaringan data ini dilakukan seiring dengan meningkatnya trafik penggunaan layanan data karena banyaknya masyarakat bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Beberapa area mengalami peningkatan trafik data yang relatif merata, seperti Regional Sumatera sekitar 15,9 persen, Regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8 persen, Regional Central: Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Kalimantan 15,5 persen, Regional East: Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya 15,8 persen.

"Kita juga mendengar banyak kritikan mengenai (lemotnya) jaringan internet karena ternyata banyak pengguna yang streaming video, YouTube, dan main game online. Itu jadi masukan buat kita untuk diperbaiki. Kita harap lonjakan trafik internet lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang produktif," paparnya.

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, menurut Gede, aktifitas berkomunikasi masyarakat yang menggunakan layanan seluler termasuk layanan data di rumah, diperkirakan juga akan terus meningkat dengan adanya larangan pulang kampung dari pemerintah.

Tahun lalu saja ada 16 persen pengguna XL Axiata yang melakukan mudik Lebaran. Namun, untuk tahun ini diperkirakan 65 persen akan memilih tetap di rumah. Sebelum adanya larangan mudik Lebaran, sudah ada beberapa masyarakat yang pulang kampung sehingga membuat pengguna internet di Jabodetabek turun hingga empat persen.

Ramalan

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Prabu Jayabaya, yang dikenal dengan ramalannya yang legendaris, pernah meramalkan tentang empat zaman yang akan datang. Ramalan tersebut kemudian dianalisis peneliti.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024