eSports Indonesia Meraup Berkah dari Wabah Corona

Mobile Legends: Bang Bang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Laporan Global eSports Market menyatakan pendapatan industri eSports di dunia akan mencapai US$1,1 miliar atau Rp18 triliun hingga akhir tahun ini dengan jumlah audiens juga diprediksi akan naik menjadi 495 juta orang dengan pasar utamanya India, Brasil, dan Asia Tenggara.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Menurut Newzoo, pertumbuhan pasar eSports Asia Tenggara diperkirakan meningkat 13,9 persen setiap tahunnya, dan saat ini tercatat meraup keuntungan sebesar US$4,3 miliar atau sekitar Rp58 triliun. Salah satu faktornya populasi manusia yang berlimpah sehingga mendorong penggunaan smartphone secara masif.

Selain itu, ada enam negara di Asia Tenggara yang memiliki daya tarik paling tinggi, baik untuk pasar eSports maupun smartphone, yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Di antara enam negara tersebut, Indonesia dinilai menjadi salah satu pasar mobile game besar di kawasan yang angkanya mencapai US$941 juta atau sekitar Rp13 triliun, di mana populasi online di Tanah Air saat ini sebanyak 52,6 juta dengan jumlah gamer mencapai 34 juta.

Kendati demikian, industri ini diperkirakan semakin terdongkrak popularitasnya lantaran 'berkah' pandemi Virus Corona COVID-19. Bukan tanpa alasan. Karena, hampir di seluruh dunia sekarang menerapkan kebijakan work from home (wfh) atau beraktifitas di rumah saja.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Aswin Atonie, selaku brand director Moonton Indonesia, mengimbau supaya masyarakat tidak panik. Untuk itu, ia pun menggelar eParty atau pesta online, di mana ini merupakan sebuah ide untuk mengajak para fans Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) untuk mentaati peraturan pemerintah yang menganjurkan masyarakat tetap di rumah saja.

Moonton Indonesia adalah pengembang dan penerbit game online MLBB. "Kami hadir sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat Indonesia. Dan tentu saja melalui MLBB 515 eParty 2020 kami mau mengajak masyarakat untuk tetap sehat, di rumah aja, dan tetap bersenang-senang bersama”, jelas Aswin di Jakarta, Rabu, 22 April 2020.

MLBB 515 eParty 2020 digelar mulai 11 April hingga 31 Mei mendatang dan diperuntukkan bagi para pemain, baik melalui in-game maupun media sosial Instagram, Facebook, maupun YouTube MLBB Indonesia.

"Kami ingin mengajak para pemain untuk bernostalgia ke-4 tahun yang lalu, atau ketika MLBB masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya dan mengukir sejarah industry eSport di Indonesia melalui MLBB Southeast Asian Cup (MSC)," jelasnya.

Aswin juga menambahkan bahwa puncak acara MLBB 515 All Star eParty adalah 16 Mei mendatang, di mana MLBB 515 All Star Party 2020 akan diadakan secara online. "Tahun ini kami juga akan mengajak para penggemar untuk memilih 12 pemain yang akan menjadi MLBB All Star Indonesia melalui voting," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya