Facebook Latah Hadirkan Pesaing Zoom

Facebook Cafe Indonesia
Sumber :

VIVA – Facebook mengumumkan kehadiran layanan baru, yang nampaknya ingin menyaingi ketenaran Zoom saat ini. Bernama Messenger Room, layanan video conference ini tersedia di dalam aplikasi Messenger untuk Windows dan Mac.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Pengguna Messenger Room bisa membuat ruangan untuk berkumpul, dan menambahkan hingga 50 partisipan di dalamnya. Para undangan tersebut bisa yang memiliki akun Facebook atau tidak, jika bukan pengguna Facebook maka memerlukan tautan untuk masuk ke room dengan menggunakan browser.

Sama seperti Zoom dan Meet, terdapat fitur yang bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan video stream hingga berbagi layar di PC dan perangkat mobile. Seperti dikutip dari laman BGR, Minggu 26 April 2020.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Pihak Facebook menyebutkan, jika Messenger Room ini akan segera hadir untuk Instagram Direct, WhatsApp dan Portal.

Baca juga: Smartfren Punya 2 Paket Baru, Cocok Buat yang Enggak Mudik

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Dalam keterangannya, Facebook menjelaskan soal privasi dan keamanan yang terdapat di layanan tersebut. Raksasa jejaring sosial itu mengklaim, jika tidak akan mendengarkan panggilan video atau audio, terlepas apakah pengguna bergabung lewat Facebook maupun tidak.

Facebook mengatakan, akan menghimpun data dari Room. Tujuan utamannya, adalah untuk menghadirkan layanan dan meningkatkan pengalaman pada produk. Namun, mereka menegaskan tidak akan ada iklan di Messenger Room.

"Saat kamu bergabung dengan room melalui Facebook atau Messenger, memanggil partisipan yang bukan teman di Facebook, mereka bisa melihat dan mendengar apa yang kamu katakan atau bagikan di room. Namun, tidak akan ada akses ke profil atau informasi yang menjadi bagian dari Facebook," jelas pihak perusahaan.

Lebih lanjut Facebook menjelaskan, jika partisipan tersebut hanya akan bisa melihat informasi seperti nama dan informasi publik di bagian lain Facebook.

Facebook juga menjelaskan, tidak ada end-to-end encrypted seperti yang dimiliki WhatsApp. Room menggunakan enkripsi, hanya dalam perjalanan dari perangkat pengguna ke server Facebook.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya