Vaksin COVID-19 Sukses Diuji Coba pada Monyet

Ilustrasi-Monyet liar
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Sebuah eksperimen vaksin COVID-19, telah berhasil melindungi monyet dari penularan pandemi virus corona. Saat ini, vaksin itu telah memasuki tahap uji klinis di China, untuk diterapkan pada manusia.

Presiden Uni Emirat Arab Tinjau Infrastruktur Setelah Banjir di Dubai

Dikutip dari situs Live Science, Senin 27 April 2019, eksperimen ini masih belum menjadi subjek tinjauan formal. Namun, para ilmuwan yang terlibat di dalamnya telah berbagi kesan pertamanya di media sosial Twitter.

Profesor Florian Krammer mengatakan, vaksin ini adalah data praklinis pertama yang ia lihat untuk kandidat vaksin COVID-19. Sebelum dites pada manusia sehat, vaksin telah menjalani uji praklinis pada hewan.

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan Beijing, Sinovac Biotech ini menunjukkan hasil yang menjanjikan pada hewan, sebelum diuji coba pada manusia. Dalam eksperimen pada manusia, mereka telah menyiapkan berbagai dosis untuk 144 orang, mencari apakah vaksin aman serta tidak menimbulkan efek samping.

Menurut Direktur Senior Sinovac, Meng Weining, tahap selanjutnya yakni uji efikasi yang melibatkan lebih dari 1.000 orang, untuk menentukan apakah vaksin memicu kekebalan.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Vaksin ini mengandung versi tidak aktif dari SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19. Dengan memasukkan virus yang tidak aktif ke dalam tubuh, vaksin akan mendorong sistem kekebalan tubuh, membangun antibodi yang menargetkan patogen tanpa memicu COVID-19.

"Ini adalah teknologi kuno. Saya senang karena akan ada banyak produsen vaksin, termasuk negara-negara yang berpenghasilan menengah ke bawah bisa membuat vaksin semacam ini," tuturnya.

Taspen.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam momen perayaan HUT ke-61.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024