Tokoh Penyihir Harry Potter Jadi Nama Spesies Ular Berbisa

Trimeresurus Salazar.
Sumber :
  • ScienceAlert

VIVA – Salah satu pendiri Hogwarts yang muncul dalam seri buku Harry Potter, Salazar Slytherin, hadir di dunia nyata. Kali ini dalam bentuk spesies ular berbisa warna hijau terang atau Green Pit Viper.

Pria Temukan Ular Berbisa di Dalam Sepatunya: Hampir Saja Mati!

Dikutip dari laman Mashable, Selasa, 28 April 2020, nama ini diberikan tim ilmuwan dari Pusat Nasional Ilmu Biologi di Bangalore, India. Binatang melata yang hidup di timur laut India itu kini memiliki nama lengkap Trimeresurus Salazar.

Selain memiliki warna hijau, Green Pit Viper juga dihiasi garis oranye kemerahan di bagian kepala. "Julukan khusus ini adalah kata benda pengganti untuk pendiri Hogwarts School of Witchcraft, Salazar Slytherin," ujar para peneliti dalam laporan tersebut.

Modal Alat Dapur, Wanita Ini Selamatkan Kucing dari Lilitan Ular Besar

Salazar menjadi nama karakter berikutnya dari seri buku Harry Potter. Pada 2014, peneliti memberikan nama tawon parisit sebagai Ampulex Dementor, yaitu penjaga penjara sihir Azkaban.

Selain itu salah satu nama pendiri Hogwarts, Gryffindor juga pernah dberikan pada spesies laba-laba. Para peneliti memberikan nama lengkap hewan tersebut adalah Eriovixia Gryffindori.

10 Ular Paling Berbisa di Dunia, Sekali Gigit Nyawa Langsung Minggat

Dalam cerita dunia Harry Potter, Salazar merupakan satu dari empat pendiri sekolah sihir Hogwarts bersama Godric Gryffindor, Rowena Ravenclaw, dan Helga Hufflepuff. Namanya juga digunakan sebagai salah satu asrama di sekolah tersebut.

Salazar dikenal dengan sifat ambisius dan kelicikan. Karakter ini juga berhubungan dengan ular, yang salah satunya karena dia dan keturunannya memiliki kemampuan berbahasa Parseltongue yaitu berbicara dengan ular.

Ilustrasi ular piton.

Ular Berbahaya Ditemukan dalam Tas Anak, Pawang: Ini Sangat Bahaya

Seorang ahli pawang ular di Australia belum lama ini dipanggil ke rumah keluarga untuk menghilangkan ular berbisa yang ditemukan di kamar tidur seorang gadis umur 7 tahun

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024