Tertinggal dari Aplikasi Zoom, Microsoft Langsung Lari Cepat

Microsoft
Sumber :
  • No Camels

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Microsoft mengejar ketertinggalannya dari Aplikasi Zoom soal pertumbuhan jumlah pengguna. Berdasarkan statistik baru, jumlah pengguna harian Microsoft Teams mencapai 200 juta orang di bulan ini. Angka tersebut masih di bawah Aplikasi Zoom yang jumlah pengguna hariannya sebesar 300 juta orang per 21 April lalu.

Google Meet Dukung Panggilan Video Full HD

Mengutip situs The Verge, Kamis, 30 April 2020, perusahaan milik Bill Gates itu mengklaim pengguna platform Microsoft Teams telah meningkat menjadi 44 juta pengguna aktif harian selama pandemi Virus Corona COVID-19, yang membuat banyak orang melakukan pertemuan secara virtual di rumah, pada bulan lalu.

"Saat ini angkanya melonjak hingga 70 persen, atau jumlah pengguna aktif hariannya menjadi 75 juta orang," kata Kepala Eksekutif Microsoft, Satya Nadella. Selain itu ditemukan juga dua pertiga dari pengguna Microsoft Teams berinteraksi dengan file di dalam aplikasi.

Pengguna Microsoft Teams Bisa Video Call Gratis Seharian

Penggunaan aplikasi ini tidaklah gratis. Meski begitu mereka mencatat ada 258 juta pengguna yang berlangganan Microsoft Office 365, di mana terdapat Microsoft Teams di dalamnya.

Sebelumnya, Aplikasi Zoom dikabarkan telah mengubah data-datanya secara diam-diam. Awalnya, mereka menyebut ada lebih dari 300 juta pengguna setiap harinya di dunia selama pandemi, dalam postingan blog.

COVID-19 Bawa Berkah untuk Microsoft Teams

Tapi kemudian diubah menjadi 300 juta peserta rapat online per harinya. Hingga kini, Zoom belum mengungkap secara tepat pengguna aktif harian mereka. Tapi sepertinya antara Zoom dan Microsoft akan terus saling kejar-mengejar.

Namun popularitasnya terkendala sejumlah isu keamanan. Salah satunya adalah Zoombombing, di mana pihak yang tak dikenal atau penyusup berusaha membajak pertemuan online.

Tak berhenti sampai di situ. Aplikasi Zoom juga dikabarkan mengirimkan data analitik ke Facebook tanpa sepengetahuan penggunanya. Tapi Zoom tak tinggal diam dan mulai berbenah. Eric mengklaim awal bulan ini akan berfokus pada memperbaiki masalah keamanan dan membekukan pembaruan fitur selama 90 hari.

Pada 26 April lalu, Aplikasi Zoom menambahkan fitur untuk bisa melaporkan pelaku zoombombing. Host bisa melaporkan tamu tak diundang tersebut pada tim Trust dan Safety Zoom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya