VIDEO: Komposisi Musik Alam Semesta Punya Suara yang Mengerikan

Galaksi Bima Sakti.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) mengubah cara pandang kita terhadap luar angkasa. Alam semesta dikenal dengan tempat yang menakjubkan karena menyimpan banyak keajaiban dan misteri. Tapi sayangnya di sana adalah tempat yang paling sunyi.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Dikutip dari situs Science Alert, Senin, 4 Mei 2020, NASA mencari cara untuk mengubah kesunyian tersebut dengan musik sonifying, disesuaikan dengan foto yang diambil oleh Hubble Space Telescope atau Teleskop Hubble milik NASA. Proyek ini mulai dikerjakan pada 2019.

Foto yang mereka ambil berasal dari Advanced Camera for Surveys dan Wide-Field Camera 3 Hubble pada Agustus 2018. Orang-orang yang berada dalam proyek menyebut foto tersebut sebagai 'peri harta karun galaksi', karena banyaknya galaksi yang berceceran di sana.

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

"Setiap galaksi adalah gabungan dari bintang yang tak terhitung jumlahnya,” demikian keterangan resmi NASA. Foto ini memang terlihat indah, namun menjadi menakutkan ketika diubah menjadi komposisi musik. Tim menjelaskan lokasi dan elemen gambar satu dengan yang lainnya menghasilkan suara yang berbeda.

Bintang-bintang dan galaksi-galaksi kecil menghasilkan suara yang pendek dan jernih. Sedangkan galaksi yang spiral memancarkan nada yang lebih rumit dan lebih panjang.

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

"Saat dimainkan dari kiri ke kanan, frekuensi suara berubah dari bawah ke atas, berkisar antara 30 hingga 1.000 hertz. Objek di bagian bawah menghasilkan not yang lebih rendah, sedangkan di atas memberi not yang lebih tinggi," jelas NASA.

Awalnya memang bisa membuat merinding pendengarnya. Namun musik yang indah akan ditemukan pada bagian tengah, saat mencapai kluster galaksi RXC J0142.9+4438.

"Pada bagian tengah kerapatan galaksinya lebih tinggi. Menghasilkan gelombang nada mid-range di tengah-tengah video. Ini adalah cara baru menikmati alam semesta," demikian keterangan resmi NASA.

?
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya