Logo WARTAEKONOMI

Wabah Corona Ubah Perilaku Muslim Zaman Now, Muncul Blockchain Syariah

Teknologi Blockchain dan turunannya.
Teknologi Blockchain dan turunannya.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

JAKARTA – Ramadan 2020 menjadi berbeda karena wabah Virus Corona COVID-19 memaksa seseorang untuk melakukan physical distancing. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, keeratan silaturahmi, terutama di dalam Bulan Ramadan tahun ini, memiliki cara alternatif.

Managing Partner Inventure, Yuswohady, mengemukakan jika wabah Corona telah membawa banyak perubahan dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim. Ia menyebutnya sebagai 'Muslim 4.0'.

Ia mengemukakan, Muslim 4.0 didasarkan melalui perubahan perilaku konsumen selama pandemi COVID-19. Ada 5 hal perubahan konsumen dalam hal digital yang memicu perubahan menuju Muslim 4.0:

1. Ngaji-gital

Dakwah sebagai salah satu misi Islam berkembang dengan cepat melalui media konvensional sampai dengan digital. Dakwah yang selama ini dilakukan dengan metode pendekatan ceramah dan tabligh atau komunikasi satu arah (one way) menjadi tidak cool lagi di mata muslim milenial. 

"Apalagi di masa pandemi Covid-19, aktivitas ibadah di masjid makin dibatasi, membuat ngaji secara digital akan makin mainstream. Ngaji melalui WA group, Youtube, podcast, hingga live streaming dengan Zoom akan menjadi kenormalan baru setelah wabah ini selesai nanti," ujar Yuswo dalam video conference, Senin (4/5/2020).

2. Muslim-Commerce