Catat! Pada Jam Segini Asteroid Dekati Bumi Saat Buka Puasa Nanti

Asteroid mendekati Bumi.
Sumber :
  • New Scientist

VIVA – Asteroid 2020 HC6 akan menyapa penduduk Bumi pada Sabtu sore ini, 9 Mei 2020 pada pukul 06.55 EDT atau pukul 17.55 WIB saat buka puasa bagi umat Islam di Indonesia.

Menu Buka Puasa Cumi Saus Tiram Kenyal dan Empuk Ala Chef Devina Hermawan

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan jika asteroid ini dalam jarak aman ketika mendekati Bumi. Asteroid berukuran sekitar 27 hingga 59 meter dan melewati Bumi dengan kecepatan 6,05 kilometer per detik.

"Jarak lintasan benda luar angkasa itu tiga kali jarak Bumi dan Bulan," kata Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, kepada VIVA, Sabtu, 9 Mei 2020. Ia juga mengatakan jika untuk melihat Asteroid 2020 HC6 melintas sangat sulit karena redup. Dengan begitu diperlukan bantuan teleskop besar agar bisa melihatnya dengan jelas.

Lengkapi Kebersamaan Buka Puasa, Midea Distribusikan Ribuan Paket Takjil Gratis di Jabodetabek

Mengutip situs Solarsystem.nasa.gov, Asteroid 2020 HC6 masuk ke dalam kategori Asteroid Apollo, lantaran diameternya di atas 16 meter dan doyan memotong orbit Bumi, namun Asteroid 2020 HC6 diperkirakan aman alias tidak akan menabrak Bumi, menurut tabel data NEO Earth Close Approaches milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA).

Sebelumnya, ada dua asteroid sudah melewati Bumi pada 7-8 Mei kemarin. Menurut Thomas, baik Asteroid 2020 HC6, Asteroid 2009 XO dan Asteroid 2016 HP6, tidak berbahaya karena berada pada jarak yang aman dengan Bumi.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa, 19 Maret 2024

"Tidak ada asteroid yang melintas saat ini yang berbahaya. Semuanya pada jarak aman," tegas Thomas. Kendati tidak membahayakan Bumi tetapi Asteroid Apollo tetap dalam pantauan NASA karena bisa menyebabkan kerusakan pada Bumi jika terjadi tabrakan.

Ilustrasi sistem drone antimaling

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah

Mengunjungi lokasi baru di berbagai bagian dunia tentu merupakan pengalaman yang menggembirakan. Ada deretan kota paling berbahaya di dunia, ini wilayahnya

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024