SKTT untuk Mudahkan Pengawasan Telekomunikasi

VIVAnews - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah menerima laporan dari para operator dan PT Pratama Jaringan Nusantara (PJN) terkait adanya kesepakatan antara keduanya untuk pelaksanaan Sistem Kliring Trafik Telekomunikasi (SKTT).

Seperti dilansir BRTI dari website resminya, kesepakatan tersebut akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama, pada 26 Januari mendatang.

Sebagaimana diketahui, pemerintah pada awal tahun lalu telah menyerahkan pelaksanaan SKTT (Sistem Kliring Trafik Telekomunikasi) dari PT Pratama Jaringan Nusantara (PJN) ke para operator telekomunikasi. Dan kemudian, para perator melakukan kerja sama dengan PT PJN.

Pada konsep sebelumnya pemerintah telah melakukan kontrak kerja dengan PJN untuk pelaksanaan SKTT tersebut. Berdasar KepMenhub No. 84/2002 yang telah diubah dengan PermenKominfo No. 25/2006, fungsi kliring trafik telekomunikasi diselenggarakan oleh BRTI.

“Ini menyesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi dalam penyelenggaraan telekomunikasi, di mana fungsi kliring trafik telekomunikasi tidak perlu diselenggarakan oleh BRTI. Fungsi tersebut dapat diselenggarakan sendiri oleh para penyelenggara jaringan telekomunikasi. Untuk itu dikeluarkanlah PerMenkominfo No. 14/2009,” papar BRTI dalam keterangannya, yang dikutip VIVAnews, 15 Januari 2010.

Meski diselenggarakan penyelenggara jaringan telekomunikasi, laporan mengenai perhitungan trafik telekomunikasi disampaikan ke BRTI secara periodik.

Laporan data ini digunakan untuk keperluan pengawasan dan evaluasi Daftar Penawaran Interkoneksi, pengawasan tarif interkoneksi, serta penerapan dan/atau penyempurnaan peraturan di bidang telekomunikasi.

“Dalam menyelenggarakan fungsi kliring trafik telekomunikasi, penyelenggara jaringan wajib memperhatikan prinsip-prinsip transparansi, adil dan tidak diskriminasi,” ungkap BRTI.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024