Kocak, Ilmuwan Sulit Tentukan Jenis Kelamin Dinosaurus

Ilustrasi Dinosaurus.
Sumber :
  • NY Post

VIVA – Masalah jenis kelamin pada dinosaurus masih menjadi perdebatan para ilmuwan hingga saat ini. Bahkan ada sebuah gagasan bahwa jenis Tyrannosaurus rex betina memiliki tubuh yang lebih padat daripada jantan, yang tentu ini masih hanya sebuah asumsi.

Di Balik Hancurnya Hiroshima dan Nagasaki, Ini 5 Fakta 'Bapak Bom Atom' Robert Oppenheimer

Dalam situs Science Alert, Kamis, 14 Mei 2020, studi terbaru menjelaskan bahwa ilmuwan tidak memiliki bukti yang cukup untuk menentukan jenis kelamin binatang purba ini.

"Bertahun-tahun yang lalu sebuah makalah ilmiah menyebut Tyrannosaurus rex betina lebih besar daripada jantan. Kesimpulan berdasarkan 25 spesimen yang rusak. Tapi tingkat datanya tidak cukup baik untuk menyebut ini sebagai sebuah kesimpulan," ujar Pakar Kehewanan atau Zoologi, David Hone.

Tantangan Penggunaan AI di Dunia Kedokteran

Beberapa dinosaurus modern, seperti kolibri dan burung pemangsa, memang jenis kelaminnya dilihat dari bentuk tubuh, di mana betina lebih besar dari jantan. Ada beberapa hipotesis mengenai hal itu termasuk dibutuhkan tubuh yang lebih besar untuk telur.

Hone dan ilmuwan lainnya juga melakukan deteksi terhadap 106 spesimen di museum dari spesies buaya yang hampir punah, gharial atau yang memiliki nama biologi Gavialis gangeticus. Kemudian, mereka juga mengindentifikasi burung hantu jantan dewasa yang memiliki benjolan daging di ujung moncongnya yang panjang.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Menurutnya terdapat juga lubang di tulang hidungnya yang disebut fossa narial. Jantan ukurannya juga lebih besar dari betina. Menentukan jenis kelamin pada dinosaurus sebenarnya bisa dilakukan pada beberapa jenisnya, seperti perbedaan warna di beberapa burung karena tidak mungkin terungkap dari fosil-fosil mereka.

Di dalam fosil tidak ditemukan telur sehingga jenis kelamin dari mereka masih tetap menjadi misterius. "Studi kami menunjukkan dinosaurus memiliki sejumlah perbedaan yang mencolok atau mereka memiliki jenis yang kentara seperti burung hantu. Kami akan berjuang untuk bisa membedakan dinosaurus betina dan jantan menggunakan kerangka dinosaurus yang sudah ditemukan," jelas Hone.

Alien.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Para ilmuwan hanya membutuhkan sebutir es untuk mendeteksi kehidupan alien di Enceladus, demikian temuan penelitian.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024