Lokasi Ini Cocok untuk Tinggal Manusia Jika Pindah ke Planet Mars

Permukaan Planet Mars.
Sumber :
  • www.pixabay.com/ChadoNihi

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menemukan lokasi yang cocok untuk tempat tinggal manusia jika benar-benar pindah ke Planet Mars. Meski kabar menyebutkan bahwa tidak ada tempat yang aman untuk didiami manusia di planet merah tersebut.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Setiap wilayah atau kawasan di Planet Mars bisa membunuh manusia sekejap karena permukaannya gersang, kurang oksigen, serta menyimpan banyak radiasi Matahari. Hal ini jelas membahayakan hidup para astronot ketika datang ke sana.

Lokasi yang dinilai sangat cocok untuk ditinggali manusia adalah terowongan lava di Dataran Rendah Hellas Planitia. Tempat itu berbentuk cekungan seperti baskom besar sebagai dampak dari jatuhnya meteor kuno.

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

"Radiasi paling kuat berada di daerah kutub. Kalau Hellas Planitia letaknya dekat garis khatulistiwa yang menawarkan beberapa keuntungan," demikian keterangan resmi NASA, seperti dikutip dari laman Live Science, Jumat, 15 Mei 2020.

NASA melanjutkan, cekungan itu merupakan wilayah paling rendah dengan kedalaman sekitar 7.152 meter, yang artinya lebih banyak atmosfer tipis planet di atas kepala. Di sana tingkat radiasi yang mencapai permukaan Hellas Planitia di bawah 50 persen.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Di sudut utara Helas Planitia terdapat Hadriacus Mons, yaitu gunung yang terbentuk hasil dari erupsi gunung berapi ketika lava masih mengalir di pedalaman Planet Mars dan sudah mendingin. Kalau di Bumi, aliran lava bisa masuk ke tanah saat mengalir dari atas ke permukaan.

Akan tetapi, karena gravitasinya lebih rendah di Planet Mars maka simulasi menunjukkan terowongan itu berbentuk lebih besar dari yang ditemukan di Bumi.

"Anda bisa melihatnya di bagian atas, atau garis 'lubang kawah' dekat gunung berapi aktif yang menunjukkan terowongan lava terbentuk, kering, dan sebagian sudah runtuh dalam bagian lainnya," ungkap NASA.

Dari gambar yang diambil probe di lintasan orbit Planet Mars, ilmuwan NASA menemukan beberapa lantai lubang kawah itu serta bukti lain adanya aliran lava tua yang tersimpan di kerak planet merah itu di sekitar Hadriacus Mons. Beberapa situs di sekitar gunung juga tempat yang menggoda untuk dieksplorasi di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya