Blokir Video Indira Kalistha soal COVID-19, Apa Jawaban Menkominfo

Indira Kalistha.
Sumber :
  • Instagram @indirakalistha

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengaku telah memblokir video YouTuber, Indira Kalistha, yang mengatakan kalau dirinya jarang memakai masker saat keluar rumah.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

Padahal, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan masyarakat untuk memakai masker ketika beraktifitas di luar rumah demi menekan penyebaran wabah Virus Corona COVID-19.

"Videonya sudah diblokir. Ya, sepengetahuan saya sudah di take-down," kata dia kepada VIVA, Rabu, 20 Mei 2020.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Meski begitu, Menkominfo Johnny G Plate mengungkapkan, untuk informasi lengkapnya dipersilakan bertanya ke Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo.

"Detailnya silakan tanya ke Pak Semmy (Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo), ya," tuturnya. Namun, hingga saat ini VIVA Digital belum mendapatkan pernyataan resmi Semuel Abrijani Pangerapan selaku Dirjen Aptika Kominfo.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Sebelumnya, video YouTuber Indira Kalistha yang diunggah pada 13 Mei 2020 di video podcast milik akun YouTube Gritte Agatha menjadi viral di dunia maya. Dalam konten tersebut ia membuat pernyataan yang terkesan menyepelekan COVID-19 yang sedang mewabah di Indonesia.

Indira juga mengaku tidak khawatir dengan penyebaran virus mematikan tersebut. Ia blak-blakan jarang mematuhi anjuran pemerintah untuk memakai masker saat pergi keluar rumah.

"Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai setiap hari, ya. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali memang kayak ditegur gitu ya, kayak, 'Bu bisa pakai maskernya?' Pakai. Tapi kalau enggak ditegur kita lepas lagi. Ini napas, sayang-sayang ditutup-tutup gitu loh ya. Sesak nih dada juga sesak," kata Indira.

Pantauan VIVA Digital, video tersebut memang sudah tidak ada lagi di kanal YouTube Gritte Agatha. Sebagai gantinya pemilik kanal mengunggah video yang berjudul 'Maaf'.

Dalam video itu Gritte Agatha memohon maaf kepada seluruh pihak karena kontennya yang viral tersebut. Ia juga mengatakan sudah men-take-down videonya. "Saya sudah men-take-down video saya agar tidak berkepanjangan," aku Gritte.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya