8 Bulan Diisolasi di Laboratorim Mirip Mars dan Digaji, Tertarik?

Tempat isolasi di Institute for Biomedical Problems di Moscow, Russia.
Sumber :
  • ESA

VIVA – Anda ingin dapat uang tapi harus diisolasi delapan bulan? Jika tertarik, siap-siap karena NASA sedang mencari orang untuk menghabiskan waktu selama itu di laboratorium Rusia.

Percobaan itu akan menghadirkan kondisi yang sama seperti lingkungan di planet Mars.

NASA memiliki dua proyek besar yaitu mendaratkan manusia kembali ke bulan dan mengirimkan misi awak ke Mars. Namun melakukan perjalanan ke luar angkasa membutuhkan tantangan fisik dan mental bagi para astronot.

Dalam percobaan NASA-Rusia, kru akan hidup secara isolasi di fasilitas tertutup di Institute for Biomedical Problems Rusia. Fasilitas itu sebelumnya digunakan untuk serangkaian misi tiruan Mars yang dilakukan Rusia disebut sebagai Mars5000 pada 2011.

Partisipan akan ikut dalam uji coba kru dan menghabiskan delapan bulan di dalam fasilitas. NASA mengatakan laboratorium itu memiliki aspek lingkungan yang serupa dan diperkirakan akan dialami oleh astronot pada misi Mars, dikutip Space, Kamis, 21 Mei 2020.

NASA memiliki sejumlah persyaratan untuk kru yang akan ikut dalam penelitian ini. Lembaga antariksa Amerika Serikat ini mencari warga negara Paman Sam berusia 30 hingga 55 tahun.

Dikutip BGR, Kru yang ikut harus mahir dalam bahasa Rusia dan Inggris. Mereka juga memiliki gelar M.S. (Master of Science), PhD, M.D atau  menyelesaikan pelatihan perwira militer.

Namun partisipan dengan gelar sarjana dan kualifikasi  tertentu lainnya seperti pendidikan tambahan yang relevan, militer atau pengalaman profesional mungkin juga bisa diterima.

Sementara itu, NASA juga mempersiapkan manusia untuk kembali ke bulan dalam program Artemis. Jika berhasil maka akan menjadi pendaratan pertama setelah Apolo 17 pada 1972 lalu.

Rusia Kirim Kapal Perang Rudal Supersonik untuk Lindungi Iran dari Serangan Musuh
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan PM Israel Benjamin Netanyahu

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Isu tentang kemungkinan terjadinya konflik bersenjata secara global atau perang dunia III selalu jadi topik yang sensitif dan sering kali memicu diskusi yang sengit.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024