Usai Salat Subuh Saksikan Asteroid Sebesar Golden Gate Mendekati Bumi

Asteroid mengintai Bumi.
Sumber :
  • Daily Express

VIVA – Usai Salat Subuh saksikan asteroid sebesar Jembatan Golden Gate mendekati Bumi. Menurut situs resmi Lapan, Jumat, 22 Mei 2020, Asteroid 1997 BQ akan mendekati Bumi pada pagi ini pukul 04.44 WIB.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Asteroid 1997 BQ pertama kali dikenali pada 16 Januari 1997. Di mana, IAU Minor Planet Center mencatat ada 300 observasi untuk menentukan orbit asteroid tersebut.

Baca: Ada Asteroid Pepet Bumi Jelang Lebaran

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Batu luar angkasa itu akan berada pada jarak 6,16 juta kilometer dari Bumi. Asteroid ini memiliki kecepatan relatif 11,68 kilometer per detik ketika mendekati Bumi, atau sedikit lebih lambat dibandingkan Asteroid 2009 XO.

Ukuran asteroid tersebut sekitar 650 meter hingga 1,5 kilometer, atau setara dengan ukuran jembatan di San Fransisco, Amerika Serikat (AS) yang terkenal, Golden Gate Bridge. Asteroid 1997 BQ, disebutkan bahwa asteroid ini mengorbit Matahari, dengan masa orbit 844 hari atau 2,31 tahun.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Asal tahu saja, asteroid ini dikategorikan sebagai Potentially Hazardous Asteroid (PHA) dengan kelas spektral S, yaitu asteroid yang kandungan kimianya didominasi oleh silika berbatu.

Asteroid Apollo tersebut berpopulasi 17 persen dari total asteroid yang ditemukan, kedua terbanyak setelah kelas spektral C (carboneous) yang komposisinya didominasi oleh karbon.

"Orbit Asteroid 1997 BQ memiliki jarak perpotongan orbit minimum sebesar 0,035826 SA atau 5,36 kilometer terhadap orbit Bumi. Karena nilai MOID lebih kecil dari 0,05 SA atau 7,5 juta kilometer, dan juga magnitudo absolutnya lebih kecil daripada +22, maka objek ini dikategorikan sebagai objek berpotensi bahaya," menurut Lapan.

Kemudian, berdasarkan data yang diperoleh dari Center of Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA, beberapa Asteorid Apollo bisa menjadi ancaman bagi penduduk Bumi apabila berada pada jarak yang sangat dekat dengan planet satu-satunya yang dihuni manusia tersebut.

Misalnya seperti Meteor Chelyabinsk yang memasuki atmosfer Bumi dan meledak di langit kota Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 dengan ukuran 17 meter. Sepanjang 20 tahun ini, CNEOS NASA telah mendeteksi hampir 600 asteroid berukuran kecil yang memasuki Bumi, menciptakan bolide atau fireball (bola api).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya