Baru Juga Ditemukan, Spesies Ini Sudah Nyaris Punah

Ilustrasi katak kecil
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Spesies katak baru telah ditemukan, ukurannya sendiri tidak lebih besar dari sebuah koin dan masuk dalam kategori terancam punah. Spesies tersebut adalah Stumpffia froschaueri, yang ditemukan di barat laut Madagaskar, Afrika Timur.

Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

Dilansir dari situs Metro, Jumat, 22 Mei 2020, panjang hewan amfibi ini hanya 1 sentimeter. Penyebarannya sangat terbatas pada tiga jenis hutan, yang menurut ilmuwan berpotensi mengalami kebakaran, kekeringan dan sabotase untuk pembukaan lahan, sehingga masuk klasifikasi terancam punah.

Baca juga: Segini Gaji Astronaut NASA Tiap Bulannya

Geger Penemuan Tengkorak Kuno Jenis Spesies Manusia Baru

Ilmuwan yang menemukan katak kecil ini adalah Samuel Penny, yang melakukan ekspedisi ke pulau itu dan makalahnya mengenai katak ini telah dipublikasikan di ZooKeys. Ia menyebut, katak tinggal di serasah daun hutan.

"Nama spesiesnya diambil untuk menghormati Christoph Froshchauer (1490-1564). Nama keluarganya berarti pria dari dataran banjir yang penuh dengan katak," katanya.

Spesies Ular Berbisa Baru Ditemukan di Australia

Lanjutnya, Froshchauer biasa menandatangani buku-bukunya dengan potongan kayu, menggambarkan kodok yang ada di bawah pohon.

"Sungguh menakjubkan, menemukan varietas katak yang benar-benar baru ditemukan tetapi dalam kondisi mengkhawatirkan karena mereka terancam punah," ujarnya.

Pizzly Beruang Hasil Perkawinan Silang

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Salah satu hewan paling aneh hasil hibridisasi atau perkawinan silang dari populasi spesies berbeda ialah pizzly bear atau beruang pizzly. Bagaimana penampakan dari hewan

img_title
VIVA.co.id
14 November 2023