Logo ABC

Cara Jepang Bikin Virus Corona Hengkang Sudah Diterapkan di Indonesia

Suasana di Jepang di tengah pandemi COVID-19.
Suasana di Jepang di tengah pandemi COVID-19.
Sumber :
  • The Guardian

Jepang punya cara unik bikin Virus Corona COVID-19 hengkang dari negaranya. Cara ini pun sebenarnya sudah diterapkan di Indonesia. Seperti diketahui, Jepang resmi mencabut status keadaan darurat pandemi. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengaku telah berhasil menangani wabah dalam waktu enam minggu dengan pendekatan unik.

Cara atau pendekatan unik yang dimaksud adalah warga Jepang hanya meminta warga untuk tidak keluar rumah, sekolah diliburkan, dan bisnis yang tidak penting ditutup atau mengurangi jam beroperasi.

Sejauh ini hanya 840 kematian terjadi di Jepang karena COVID-19. Keadaan darurat sekarang sudah dicabut di seluruh 47 kawasan. Negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia tersebut sekarang dalam kondisi resesi

Keadaan darurat pandemi Virus Corona diumumkan pada 7 April lalu di seluruh Jepang, namun tidak ada paksaan hukum bagi warga yang melanggar. Sekarang keadaan darurat sudah dicabut di 42 kawasan dari seluruh 47 kawasan yang ada di negeri Matahari Terbit.

A woman in a face mask walks down a street Dengan keadaan darurat sudah dicabut, warga Tokyo sudah bisa melakukan kegiatan lebih leluasa.

ABC News: Jake Sturmer

Enam minggu setelah terus menurunnya angka penularan, pemerintah Jepang mencabut keadaan darurat di lima wilayah termasuk yang mencakup ibukota Tokyo, Senin malam, 25 Mei 2020.