Logo BBC

Ilmuwan Kaget, Seekor Burung Mampu Terbang Melintasi 16 Negara

Burung Cuckoo.
Burung Cuckoo.
Sumber :
  • Bird Photographer of the Year

Cuckoo
Frank Gardner
Perjalanan burung itu dapat dipantau di media sosial.

Para ilmuwan kaget, sebab seekor Burung Cuckoo (Canorus Cuculus) mampu terbang sejuah 12 ribu kilometer dan melintasi 16 negara. Hal ini mencatat rekor sebagai salah satu perjalanan terjauh yang pernah dilakukan unggas di dunia.

Dengan menggunakan satelit, para ilmuwan memantau perjalanan sang burung dari Afrika bagian selatan ke tempat pengembangbiakannya di Mongolia.

Para ilmuwan menyebutnya sebagai "perjalanan yang sangat panjang". Burung Cuckoo, yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai kangkok Erasia. Namanya, Onon, seperti sebuah sungai di Mongolia.

Sang unggas berangkat dari rumah musim dinginnya di Zambia pada 20 Maret. Dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, burung ini terbang melintasi ribuan kilometer Samudra Hindia tanpa henti dan negara-negara seperti Kenya, Arab Saudi, dan Bangladesh.

Onon adalah satu dari lima burung kangkok yang dipantau menggunakan satelit di Mongolia musim panas lalu untuk Proyek Cuckoo Mongolia - kerja sama ilmuwan lokal dan British Trust for Ornithology (BTO) untuk memantau migrasi jarak jauh burung.