PSBB Bikin Orang Gampang Mimpi Buruk

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

VIVA – Hingga saat ini, pandemi COVID-19 memaksa sebagian besar negara di dunia menerapkan lockdown, dan pembatasan sosial berskala besar di Indonesia. Namun, ternyata ada bahaya yang tersimpan akibat kebijakan tersebut.

Viral, Pria dengan Santai Duduk di Tengah Lautan Ular Besar : Mimpi Buruk!

Pola tidur masyarakat dikabarkan terganggu, akibat kebijakan lockdown yang dilakukan. Studi yang berasal dari peneliti tidur, media sosial, survei dan meteran listrik memunculkan kesimpulan, bagaimana virus corona mampu mengubah perilaku tidur manusia, seperti dikutip dari laman Mashable, Jumat, 29 Mei 2020.

Baca juga: Sony Tawarkan Kamera Vlogger Antiribet

Viral Pria Gali Lubang 40 Meter Gegara Mimpi Ada Emas, Hal Tragis Ini Malah Terjadi

Jam Tidur Lebih Panjang

Tidur lagi setelah sahurDengan keadaan di rumah saja, para orangtua tidak lagi butuh membangunkan anak-anak mereka untuk ke sekolah di pagi hari. Work from home juga membuat orang tidur lebih panjang.

2 Kematian Akibat Virus Nipah, Kerala India Terapkan Lockdown dan Wajib Pakai Masker

Menurut penyedia perangkat kesehatan, tidur dalam jangka waktu yang lama tidak menyebabkan kualitas tidur membaik. Tercatat, Prancis memiliki rata-rata kenaikan waktu tidur lebih dari 20 menit, sedangkan Jerman hanya 8 menit saja.

Sulit Tidur

Di Inggris, survei Ipsos Mori menemukan 38 persen dari penelitian mengalami kurang tidur atau kurang nyenyak saat tidur. Di Amerika Serikat, ada 15 persen kenaikan resep obat tidur, ini menjadi yang pertama kalinya setelah lima tahun sebelumnya mengalami penurunan.

Tidur dengan kipas angin.

Ilmuwan Brand Peters-Mathews mengatakan, pandemi menimbulkan adanya peningkatan kadar kortisol serta hormon stres, yang menyebabkan insomnia.

Tidak Pasang Alarm

Ipsos Mori mencatat, satu pertiga orang di Inggris tidak lagi menyalakan alarm untuk bangun pagi. Ini akibat rutinitas seperti bersiap bekerja dan mengirim anak-anak sekolah telah berubah. Dari yang biasanya pukul 6.18 pagi bangun, sekarang menajdi 7.06 pagi.

Tidur Lebih Malam

Ilustrasi menonton TV.Banyak dari masyarakat akhirnya memiliki menonton acara favorit, membuat tidur terlambat dan lewat tengah malam. Menurut fisikawan dari Universitas Columbia, Christoph Meinrenken, alasannya karena mereka tidak lagi bergantung pada alarm.

Data dari meteran listrik menyebutkan, apartemen di New York menggunakan energi 25 persen lebih banyak. Jumlahnya jauh lebih banyak saat malam hari.

Mimpi Aneh

National Geographic menemukan, lembaga-lembaga penelitian sedang mempelajari fenomena baru dari mimpi aneh selama tidur. Pusat Penelitian Neuroscience di Lyon Prancis menyebutkan, adanya peningkatan 35 persen mimpi yang berulang dan 15 persen mimpi buruk.

Menurut para ahli saraf, ini akibat peningkatan stres dan sering terbangun di antara waktu tidur. Penjelasan lain adalah, manusia saat ini melewatkan waktu yang monoton dan juga berulang, namun membosankan, membuat otak mencari pencitraan dalam pikiran bawah sadar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya