Google Kembangkan Teknologi Pokemon Go Bantu Orang Jaga Jarak

Google.
Sumber :
  • Politico

VIVA – Pada masa pandemi Virus Corona (COVID-19) masyarakat di seluruh dunia diwajibkan untuk menjaga jarak guna terhindar dari penularan penyakit. Melalui teknologi, Google mencoba menerapkan tren ini menggunakan augmented reality (AR).

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Dilansir dari situs Independent, Minggu, 31 Mei 2020, proyek baru itu mereka sebut dengan Sodar, yang dapat memberi petunjuk virtual sejauh enam kaki atau dua meter dengan orang-orang di sekitarnya, mengandalkan smartphone.

AR sendiri adalah sebuah konten virtual yang digabungkan dengan dunia nyata, pernah diadopsi oleh video game Pokemon Go. Tool ini dirancang untuk membantu masyarakat memvisualkan jarak karena banyak negara yang telah melonggarkan aturan penguncian wilayah.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Sodar tersedia di web, sehingga tidak perlu aplikasi untuk menggunakannya. Namun browser yang digunakan harus lah Chrome. Saat perangkat lunak bekerja, Sodar akan membuat peta 3D dan melacak gerakan kamera.

Meskipun begitu, raksasa teknologi Amerika Serikat ini mengklaim sistem tidak dapat melihat gambar yang tersimpan di galeri ponsel. Cara penggunaannya adalah dengan mengarahkan kamera ke tanah dan menggesernya agar sistem dapat memetakan ruang. 

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

Baca juga: SpaceX Elon Musk Berhasil Terbangkan 2 Astronot AS ke Luar Angkasa

Prosesnya hanya memakan waktu beberapa detik. Google memang memiliki beberapa proyek untuk membantu menangani Virus Corona. Termasuk mengembangkan situs web yang diperintahkan Donald Trump, memberi informasi kepada penduduk Amerika Serikat soal di mana mereka bisa melakukan tes. 

Bersama Facebook dan Twitter, Google juga bermitra dengan NHS untuk mengatasi informasi yang salah. Hingga hari ini total kasus yang terkonfirmasi di Indonesia mencapai 25.773, sembuh 7.015 dan meninggal 1.573.

Pantau berita terkini di VIVA terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya