Catat, Ini Jadwal Kemunculan Bulan Purnama Strawberry di Awal Juni

Ilustrasi Bulan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penggemar astronomi pasti tidak ingin melewatkan peristiwa langit pada Juni mendatang. Salah satunya yang akan muncul adalah Strawberry Full Moon atau Bulan Penuh Stroberi pada Sabtu, 6 Juni 2020.

Terpopuler: Kesalahan Wanita saat Bercinta, Buah Peningkat Libido

Dilansir dari situs Mirror, Minggu, 31 Mei 2020, bulan purnama akan terjadi ketika bulan letaknya berlawanan dengan Bumi, dan kemudian diapit Matahari. Posisi ini akan membuat wajah satelit alami Bumi itu diterangi Matahari sehingga terlihat bulat utuh dan terang.

Meskipun mendapat julukan stroberi, tampilannya tidak tampak merah muda atau merah seperti buah stroberi. Nama itu dipilih oleh suku-suku asli Amerika, menandakan waktu panen karena buah telah matang.

Bisa Tingkatkan Libido, Konsumsi Buah Ini Bikin Urusan Ranjang Jadi Makin Erotis

"Maine Farmer's Almanac pertama kali menerbitkan nama-nama untuk bulan penuh pada 1930-an. Menurut mereka bulan purnama pada Juni ini adalah nama universal untuk setiap suku Algonquin," jelas Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA).

Nama ini berasal dari musim yang relatif singkat untuk memanen stroberi di timur laut Amerika Utara. Terkadang disebut juga sebagai Mead Moon atau Honey Moon.

Mengenal Wolf Moon yang Begitu Menakjubkan

Mead sendiri adalah minuman yang dibuat dengan memfermentasikan madu yang dicampur air, kadang dengan buah-buahan, rempah-rempah atau biji-bijian. Sedangkan Honey Moon berhubungan dengan kebiasaan pernikahan pada 1500-an.

Tradisi menikah ada pada bulan Juni dan kemudian dikaitkan dengan bulan purnama. Beberapa studi menyebut, titik balik Matahari musim panas pada akhir Juni adalah ketika madu sudah matang dan siap dipanen, baik dari alam maupun dari sarang.

Menurut akun Instagram @pussainsa_lapan, puncak fenomena akan terjadi pada 02:12 WIB dan dapat disaksikan dari arah Barat Daya. Bulan purnama periode ini juga mendapat julukan Hot Moon atau Bulan Panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya