China Mencari Ilmu hingga ke Luar Angkasa

Mata Langit, teleskop FAST terletak di pegunungan China bagian selatan.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA – Alien akan mulai diburu oleh China pada September mendatang. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh kepala ilmuwan Search for Extraterrestrial intelligence (SETI), Zhang Tongjie.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Negara tersebut mencari kehidupan lain di luar bumi tahun ini, menggunakan teleskop besar Five Hundred Meter Aperture Spherical Telescope (FAST), dikutip dari laman South China Morning Post, Selasa, 2 Juni 2020.

Baca juga: Space Race Jilid II, China Vs Amerika Memperebutkan Planet Mars

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

FAST berada di Kabupaten Pingtang, di Provinsi Guizhou, China. Teleskop tersebut mulai dibuat pada 2011, dan selesai lima tahun kemudian. Secara resmi, FAST sudah beroperasi sejak Januari dan dibuka untuk para astronom di seluruh dunia.

Dikutip dari Engadget, FAST memiliki diameter 500 meter. Namun, hanya bisa fokus pada segmen 300 meter di saat tertentu.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Pada Maret lalu, para ilmuwan SETI mempublikasikan penelitian yang menyimpulkan hasil observasi awal dengan FAST. Termasuk, mengenai cara meningkatkan kemampuan teleskop untuk menghilangkan interferensi frekuensi radio di Bumi.

Selain itu, observasi tersebut juga mengindentifikasi adanya sinyal ET dengan narrowband yang kemungkinan berasal dari kehidupan lain di luar angkasa. Teleskop FAST saat ini sedang dalam peningkatan kemampuan.

Maret lalu, Zhang mengatakan akan melakukan pemeriksaaan lebih lanjut untuk melihat sinyal mana yang berasal dari makhluk luar angkasa.

Zhang memastikan, pencarian kehidupan lain di luar Bumi tidak akan mengganggu penelitian ilmiah normal yang menggunakan FAST. Misalnya, menemukan pulsar atau pancaran sinyal antar bintang yang akan menunjukkan awal pembentukan alam semesta.

Namun, jika ada sinyal radio alien atau cukup dekat dengan Bumi untuk bisa ditangkap, pekerjaan FAST akan meningkatkan kemungkinan untuk bisa mendengarkannya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya