Ternyata Ada 3 Penumpang di Pesawat Crew Dragon

Boneka dinosaurus ikut misi luar angkasa
Sumber :
  • Space.com

VIVA – Ternyata bukan hanya dua astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley, yang diterbangkan menggunakan pesawat Crew Dragon pada akhir pekan lalu. Ada satu ‘penumpang’ lagi, yang diketahui ikut dalam misi Demo-2 tersebut.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

"Bukan hanya Doug dan saya yang menyelesaikan peluncuran di sini. Kami punya Apatosaurus di sini," ungkap Behnken, dikutip laman Space, Rabu, 3 Juni 2020.

Baca juga: Ponsel China Rilis di Indonesia, Usung Baterai Jumbo Tapi Harga Murah

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Apatosaurus merupakan salah satu jenis dinosaurus, yang hidup 150 juta tahun lalu. Hewan tersebut berleher panjang dan berkaki empat.

Namun, bukan Apatosaurus betulan yang ikut, melainkan boneka tertutup payet yang duduk sebelah Behnken saat sedang lepas landas. Dia ikut mengambang, saat Crew Dragon sudah mencapai ruang angkasa.

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Tremor, nama Apatosaurus itu, jadi indikator nol gravitasi. Dalam video, diperlihatkan saat Behnken memberikan dorongan pada boneka dan menggesernya ke kabin.

Indikator Zero-g sudah menjadi tradisi, sejak orang pertama kali dikirim ke ruang angkasa, yakni kosmonot era Soviet bernama Yuri Gagarin. Dia terbang bersama boneka kecil, dalam kapal Vostok pada 1961.

Behnken mengungkapkan, dia dan Hurley memiliki dua anak lelaki yang menyukai dinosaurus. Mereka akhirnya mendapatkan persetujuan, untuk membawa Apatosaurus ikut ke Stasiun Ruang Angkasa bersama para ayah.

"Kami mengumpulkan semua dinosaurus antara dua rumah, dan 'Tremor' memiliki banyak suara dari anak-anak untuk ikut ke ruang angkasa bersama kami," kata Behnken.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya