Sorong Jadi Kota Ideal untuk Nonton Streaming

Ilustrasi digital streaming video.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Ternyata kualitas streaming video terbaik di Indonesia, bukan ada di pulau Jawa. Juaranya adalah kota Sorong, Papua, yang berada di wilayah timur Tanah Air.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Hasil tersebut merupakan laporan dari perusahaan mobile analytic, Open Signal. Menurut laporan itu, dikutip Rabu 3 Juni 2020, Sorong bersama Ambon di Kepulauan Maluku dan Kota Jayapura, Papua, memiliki peringkat Very Good atau Sangat Baik.

Baca juga: Ada Kejutan soal Harga Playstation 5

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

Artinya, ketiga kota tersebut secara rata-rata mengalami waktu loading yang cepat dan hanya ditemukan macet sesekali dibandingkan dengan kota lainnya. Kota Sorong mendapatkan nilai tertinggi dengan angka 68,1.

Dari 20 besar kota pada survei tersebut, hanya kota Bekasi dan kota Malang yang mewakili wilayah Pulau Jawa. Malang ada di peringkat ke-14 dengan nilai 60,7, sementara Bekasi ke-19 memiliki 60,3.

Sekolah di Papua Barat Menyambut Workshop Daring Literasi Digital dengan Antusias

Kedua kota itu mengalahkan kota besar lain seperti Kota Surabaya (59,8), Bandung (59,6), dan Jakarta (59,1). Seluruh kota di wilayah Jawa tersebut memiliki peringkat Good atau Baik.

Sedangkan, peringkat terakhir adalah Kota Serang dengan poin 53,1. Wilayah ini memiliki peringkat Fair atau Cukup.

Analisis Open Signal ini berasal dari 44 kota terbesar di Indonesia. Survei ini untuk melihat pengalaman streaming video dengan penilaian memiliki skala hingga 100 poin, berdasarkan gabungan dengan semua operator Indonesia di sejumlah teknologi jaringan yang berbeda.

Laporan ini melihat pengalaman video di dunia nyata di berbagai jaringan pengiriman konten, dengan menggunakan test streaming video untuk mencerminkan pengalaman pengguna itu sendiri.

Dari 44 kota, pengguna di 40 kota merasakan pengalaman video dengan penilaian Good atau Baik. Artinya, banyak pengguna di wilayah tersebut menikmati pengalaman streaming mobile video pada resolusi rendah, namun waktu loading bisa lambat dan macet khususnya saat menggunakan resolusi tertinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya