Logo DW

Negara Arab Pemilik Gedung Tertinggi Dunia Siap Terbang ke Planet Mars

Uni Emirat Arab.
Uni Emirat Arab.
Sumber :
  • dw

Pesawat luar angkasa tak berawak Al Amal – yang artinya adalah harapan – akan diluncurkan dari pusat ruang angkasa Jepang pada 15 Juli 2020. Proyek akbar itu kini memasuki tahap persiapan akhir.

Misi ini adalah langkah raksasa berikutnya bagi Uni Emirat Arab (UEA), negara yang gedung pencakar langit dan megaproyek kolosalnya telah menempatkan kawasan itu di peta dunia.

UEA mengirim astronot pertamanya ke luar angkasa tahun lalu dan juga berencana untuk membangun "Kota Sains" untuk mereplikasi kondisi di Mars, di mana mereka berharap untuk membangun pemukiman manusia pada tahun 2117.

Omran Sharaf, manajer proyek misi mengatakan, terlepas dari tujuan ilmiah yang ambisius, misi itu dirancang untuk mengingatkan kembali ke zaman keemasan pencapaian budaya dan ilmu pengetahuan di kawasan Arab.

Hidup berdampingan

"UEA ingin mengirim pesan kuat kepada para pemuda Arab dan untuk mengingatkan mereka tentang masa lalu, bahwa kita dulunya adalah generator ilmu pengetahuan," katanya kepada AFP.

"Orang-orang dari berbagai latar belakang dan agama hidup berdampingan dan berbagi identitas yang sama," katanya tentang dunia Arab, di mana saat ini banyak negara dilanda konflik sektarian dan krisis ekonomi.