Review realme X3 Superzoom: Pembidik Bintang Harga Dibawah Rp 10 Juta

realme X3 Superzoom.
Sumber :

VIVA – realme X3 SuperZoom akan menjadi gebrakan terbaru realme untuk memperkuat posisi pasar smartphone Indonesia di kelas high-end. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Peluncuran realme X3 Superzoom adalah bentuk konsistensi realme dalam menghadirkan smartphone flagship dengan menawarkan pilihan flagship di bawah Rp 10 juta serta memperkuat citranya sebagai tech trendsetter smartphone brand. 

realme X3 SuperZoom mengklaim dapat membawa pengalaman premium flagship ke pasar Indonesia dengan trendsetting technology, seperti 120Hz Ultra Smooth Display, 60X Periscope Super Zoom dengan fitur Starry Mode.

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Pada hari ini, kami mendapatkan kesempatan untuk mereview secara langsung kehebatan realme X3 Superzoom. Kami akan mengulas secara keseluruhan smartphone yang memiliki slogan sebagai “Super Zoom Super Speed”. Untuk lebih lengkap nya, mari simak review berikut.

Display dan Desain

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Bicara soal desain, realme seperti biasa memberikan sentuhan baru untuk ponsel ini. Untuk model ini, realme memberikan dua warna Arctic White dan Glacier Blue. Kedua warna tersebut terinspirasi dari indahnya kutub utara.

Kesan misterius nan elegan cukup kental di realme X3 SuperZoom. 

Kehadiran warna kaleidoskopik cukup terasa saat terkenal cahaya. Alhasil, ponsel ini tampak indah ketika dilihat dari berbagai sisi.

Soal urusan display, realme X3 SuperZoom membawa 120Hz Ultra Smooth Display 6,6 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Ini berarti layar realme X3 SuperZoom dapat me-refresh 120 frame per detik. Saat kami coba untuk menonton video atau bermain game, layar 120Hz Ultra Smooth Display sangat meningkatkan pengalaman menonton.

Layarnya dilengkapi dengan rasio 20: 9, resolusi FHD + 2400x1080P, rasio screen-to-body sebesar 90,5%, kecerahan puncak 480 nits. Layar juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 untuk perlindungan yang lebih baik.

Kamera

realme X3 SuperZoom menggunakan konfigurasi quad camera flagship super zoom terbaru, yang secara berurutan dari atas ke bawah terdiri dari 8MP 5x periscope telephoto lens, 2MP macro lens, 64MP main camera, dan 8MP 119° ultra wide-angle.

Kamera utama realme X3 SuperZoom membawa sensor 1/1.72-inch Samsung GW1 64MP, aperture besar f/1.8, dan lensa 6P. Smartphone ini juga membawa Quad Bayer 4-in-1 intelligent pixel binning mechanism yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar 1,6?m, meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan mewujudkan serangkaian detail yang sensasional.

Untuk kamera depannya, tersemat Dual In-Display Selfie dengan kamera utama 32MP Sony IMX616 80° wide-angle + 8MP 105°super wide-angle camera. Shooting range 2.5 kali lebih luas dari sebelumnya.

Untuk penggemar fotografi malam, realme X3 Superzoom sudah diperkuat oleh Super Nightscape 4.0 serta AI Super Nightscape. Fitur ini mengenali apa yang sedang dibidik dan secara cerdas beralih antar Mode Super dan Ultra Nightscape, sehingga memberi Anda gambar malam yang menakjubkan setiap saat.

Nah fitur unggulan dari realme X3 SuperZoom adalah Starry Mode. Untuk merekam keindahan kerlip bintang di langit malam, realme telah mengembangkan Starry Mode secara eksklusif. Untuk menggunakan fitur ini sebaiknya menggunakan Tripod. Prosesnya memakan waktu sekitar 5 menit dan perlu diperhatikan juga kondisi kecerahan langit.

Dalam pengujian terhadap kemampuan fotografinya, kami tidak menemukan masalah yang berarti. Dukungan AI membuat hasil foto dalam berbagai skenario menjadi tajam dan cerah. Pengambilan foto di malam hari juga menghasilkan foto yang baik tanpa noise berarti.

Performa

realme X3 SuperZoom ditenagai oleh platform Qualcomm Snapdragon 855 Plus 7nm, yang mengintegrasikan CPU Kyro delapan-inti dan GPU Adreno 640. Snapdragon 855 Plus ini merupakan chipset platform 4G terbaik dari Qualcomm. 

Kombinasi ini dapat mencapai clock hingga 2.96 GHz, memberikan kinerja yang sangat kuat dan memungkinkan Anda menjalankan game dan aplikasi berat dengan lancar. Dibandingkan dengan Snapdragon 855, ada peningkatan 5% untuk inti CPU tunggal dan peningkatan 15% untuk kinerja rendering GPU.

Dalam pengujian bermain game COD Mobile, realme X3 SuperZoom di pengaturan rata kanan.  Grafis mampu terlihat secara detail. Secara lebih lanjut ponsel ini mendukung Snapdragon Elite Gaming dan tampilan Quad HD + untuk pengalaman gaming yang luar biasa dan lebih smooth. Chip pemrosesan AI juga tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, lebih cepat dan cerdas menjalankan operasi inti.

Untuk mendukung kinerja ponsel secara keseluruhan, realme X3 SuperZoom dilengkapi RAM 12GB LPDDR4X dengan storage 256GB. Namun, ponsel ini tidak menyediakan slot memori ekspansi.

Dalam pengujian menggunakan software benchmark, realme X3 SuperZoom menembus skor lebih dari 500.000. Hal ini berarti, realme X3 SuperZoom dapat bersaing dengan smartphone flagship yang dihargai Rp 10 jutaan ke atas.

Baterai

Untuk baterainya, realme X3 SuperZoom memanggul baterai 4200mAh. Sebuah kapasitas baterai yang sanggup mendukung mobilitas pengguna selama sehari. Baterainya sudah didukung teknologi 30W Dart Flash Charge yang sudah ditingkatkan.

Dengan 30W Dart Flash Charge, baterai realme X3 SuperZoom dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari sejam. Bahkan saat kami sedang melakukan aktivitas gaming yang berat, baterai dapat terisi 60% dalam 1 jam. realme X3 SuperZoom juga mendukung pengisian daya 15W PD, menjadikannya lebih fleksibel.

Fitur Lain

Soal urusan software, realme X3 SuperZoom dibangun di atas realme UI yang berbasis pada Android 10, sudah dikembangkan dengan lebih baik untuk pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat dengan Android Stock. realme merancang UI dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. Alhasil, realme UI akan terasa mulus dan menyenangkan untuk digunakan. realme X3 SuperZoom sendiri membawa lebih banyak fitur terbaru melalui realme UI.

Terdapat juga Liquid Cooling System pada realme X3 Superzoom sudah ditingkatkan dengan memiliki cakupan efektif sebesar 100% dari sumber panas internal. Tabung pendingin uap terbuat dari tembaga berdiameter 8 mm, sehingga meningkatkan area disipasi panas sebesar 176,9% dan volume disipasi panas menjadi 410mm³. Akibatnya, suhu inti berkurang agar kinerja dan kecepatan tetap stabil.

Kesimpulan

Dengan slogan “Super Zoom, Super Speed”, realme X3 SuperZoom rasanya pantas untuk menyandangnya. Dukungan 60X Periscope Zoom dan Starry Mode membuat kemampuan kamera ponsel ini melampaui batas yang ada, khususnya di segmen flagship. 

Apalagi dengan harganya yang bisa dibilang terbaik di segmennya, smartphone ini mampu membuat siapa saja terpikat dengannya. Soal speed juga tidak pernah diragukan. Pasalnya terdapat layar 120Hz Ultra Smooth Display yang membuat pengalaman mulus dalam setiap gesekan. Serta dukungan Snapdragon 855 Plus yang mendapatkan skor 500.000 ke atas dalam pengujian AnTuTu yang komprehensif. 

realme X3 SuperZoom sudah dapat di pesan melalui sistem pre-order di Tokopedia dari tanggal 16 hingga 20 Juni dengan harga Rp 7.999.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya