Elon Musk Siapkan Pangkalan Pesawat Antariksa di Bumi

Roket SpaceX Falcon 9 meluncur ke antariksa
Sumber :
  • NASA

VIVA – Petinggi SpaceX, Elon Musk pada tahun lalu pernah mengungkapkan, bahwa suatu hari akan mengembangkan pangkalan pesawat luar angkasa terapung, untuk meluncurkan roket Starship ke bulan dan Mars. Tampaknya, pernyataan itu bukan lagi sekadar angan-angan.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Dilansir VIVA Tekno dari laman Daily Mail, Kamis, 18 Juni 2020, unggahan di situs perusahaan mengungkapkan adanya posisi baru sebagai Offshore Operation Engineer, yakni tim insinyur dan teknisi untuk merancang serta membangun fasilitas peluncuran roket di lepas pantai.

Baca juga: Terkuak Arti Realme Narzo, Bukan Planet Imajiner

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

"SpaceX sedang membangun spaceport terapung kelas super untuk Mars, Bulan dan perjalanan hipersonik di sekitar Bumi," kata Musk mengkonfirmasi dalam sebuah tweet.

Tidak jelas kapan mereka membuka lowongan untuk posisi tersebut, namun posisi tersebut saat ini sudah dikonfirmasi oleh Musk. Spaceport dikatakan harus berada 35 kilometer dari lepas pantai, dan aksesnya melalui terowongan yang digali di bawah air.

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Posisinya terletak di Brownsville, Texas, dekat dengan tempat pengujian SpaceX di Boca Chia. Fasilitas juga diklaim akan digunakan untuk penerbangan harian, layaknya penerbangan dari satu wilayah ke wilayah lain di Bumi.

"Starship dapat digunakan kembali dengan pendorong penerbangan ulang setiap beberapa jam, dan penerbangan ulang pesawat setiap delapan jam. Tidak perlu kapal," ujarnya.

Menyusul keberhasilan peluncuran roket Falcon 9 yang mengirim dua astronaut ke Stasiun Luar Angkasa (ISS), Musk mengatakan Starship saat ini jadi prioritas utama SpaceX. Ia mendesak karyawan untuk mempercepat pengembangannya.

Perusahaan swasta itu berencana mengirim manusia ke Mars menggunakan pesawat ruang angkasa yang terdiri dari dua tahap, Starship dan roket pendorong Super Heavy. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya