Cara Lihat Gerhana Matahari Cincin Tanpa Keluar Rumah

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Khalis Abdya

VIVA – Gerhana Matahari Cincin sore nanti masih bisa dinikmati di sejumlah wilayah Indonesia. Kepala Lembaga Penerbangan dan AntariksaNasional, Thomas Djamaluddin membagikan tips aman untuk menikmati fenomena tersebut.

Kisah Perjuangan Vikyo, Dari Warnet Hingga sebagai Influencer

Dia mengingatkan untuk tidak memaksakan melihat matahari, karena cahayanya yang silau. Salah satu cara amannya bisa menggunakan pantulan air, yang biasanya oleh masyarakat ditaruh di dalam ember.

Baca juga: Daftar Wilayah yang Bisa Melihat Gerhana Matahari Hari Ini

Revisi UU Penyiaran Menyangkut Siaran Digital seperti Live Streming dan Podcast, Menurut DPR

"Aman, asal tidak terlalu lama. Waktu saya kecil, memang cara sederhana itu yang biasa dipakai. Dengan menggunakan air, hanya sebagian cahaya matahari yang dipantulkan. Jadi tidak terlalu silau," kata Thomas kepada VIVA Tekno, Minggu, 21 Juni 2020.

Selain itu, bisa menggunakan peredup cahaya untuk melihat sekilas perkembangan fenomena Gerhana. Menurutnya, akan lebih baik menggunakan alat dengan filter matahari atau kacamata matahari.

Inspiratif, Kisah Ibu Rumah Tangga Ubah Waktu Luang jadi Uang

"Lebih baik gunakan filter matahari atau kacamata matahari, kalau ada," ungkapnya.

Walaupun ada sejumlah wilayah Indonesia yang bisa melihat Gerhana Matahari Sebagian, namun beberapa daerah tidak mendapatkan kesempatan tersebut. Beberapa daerah tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bengkulu bagian Selatan, dan Lampung bagian Selatan.

Untuk masyarakat yang berada di wilayah tidak menjadi jalur Gerhana Matahari nanti sore, bisa melihatnya melalui tayangan live streaming. Salah satunya adalah Balai Pengelolaan Observatorium Nasional Lapan Kupang, yang menyediakan layanan siaran langsung sejak pukul 15.50 WITA hingga selesai di kanal Youtube Lapan Kupang.

Laman Time and Date juga menyediakan siaran langsung menonton fenomena tersebut di website resminya. Selain itu, juga bisa disaksikan di kanal Youtube National Astronomical Observatory of Japan, dan Virtual Telescope Project juga menyiarkan Gerhana Matahari Cincin secara langsung di kanal Youtube Gian Masi, pendirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya