Logo DW

Gletser Mampu Penuhi Persediaan Air Minum Sebuah Negara

Gletser.
Gletser.
Sumber :
  • dailymail.co.uk

Jika gletser mencair, maka akan mampu memenuhi persediaan air minum negara ini. Sebuah lembaga penelitian pada 24 Juni 2020 mengumumkan bahwa negara yang beruntung apabila Gletser Brewster mencair adalah Selandia Baru.

Gletser di negeri Kiwi itu diyakini telah kehilangan begitu banyak es selama tiga tahun terakhir sehingga bisa menyediakan air minum untuk setiap penduduk negara itu selama periode yang sama.

Para ilmuwan mengatakan Gletser Brewster di Pulau Selatan kehilangan 13 juta meter kubik es antara 2016-2019, papar Institut Riset Air dan Atmosfer Nasional (NIWA).

"Selama beberapa tahun terakhir, pengamatan kami terhadap kondisi ekstrem menyoroti dampak kuat pada air, sumber daya alam yang paling berharga," kata ilmuwan iklim NIWA Andrew Lorrey.

Pegunungan Alpen Selatan telah kehilangan lebih dari 15,9 triliun liter air, atau setara dengan jumlah konsumsi air yang digunakan penduduk Selandia Baru saat ini selama 40 tahun.

"Proses menuju kepunahan"

Kerusakan mencairnya beberapa gletser, salah satunya Gletser Brewster, antara 2018 dan 2019 dapat menempatkan mereka pada kondisi menuju kepunahan, Lorrey menjelaskan.