Bisnis Kuliner Buka Warung Tenda Sudah Gak Zaman, Guys

Ilustrasi bisnis kuliner.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Kristiono menegaskan, memasuki era kenormalan baru (new normal), Indonesia harus bisa lebih digital dari sejumlah aspek dan jangan sampai kembali seperti sebelum wabah COVID-19 melanda Tanah Air.

Selamat Tinggal! Carl's Jr Umumkan Tutup Seluruh Gerai di Indonesia per 31 Desember 2023

"Semua aspek harus go digital, termasuk UMKM. Mereka harus bisa difasilitasi untuk memasuki era digitalisasi. Misalnya, pengusaha kuliner tidak perlu lagi membuka warung tenda atau lapak. Tapi cukup masak di rumah dan pengantaran melalui online. Jadi, bottom line new normal of Indonesia adalah going online," kata dia, Kamis, 25 Juni 2020.

Saat pandemi COVID-19 melanda dan aktivitas dipindahkan di rumah, masyarakat banyak menggunakan platform digital untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Namun, bagaimana setelah pandemi ini berakhir dan orang-orang mulai kembali beraktivitas secara normal lagi?

Ternyata, Sambal Bakar Indonesia yang Viral dan Punya Banyak Outlet Milik Richard Theodore

Penggunaan platform digital era setelah COVID-19 masih akan sering digunakan. Menteri Komunikasi dan Informarika (Menkominfo) Periode 2014-2019, Rudiantara, menyebut kemungkinan tidak akan ada penurunan aktivitas di ranah online.

Tapi, menurutnya, kenaikan tersebut tidak akan setinggi saat COVID-19 melanda. "Yang pasti tidak akan turun. Kalau misalnya COVID-19 selesai, katakan tiga tahun lagi, yang pasti tidak akan turun penggunaan platform digitalnya," kata Rudiantara kala berbincang dengan VIVA Tekno dan sejumlah media.

Jalan Mudah Pelaku Usaha Kecil untuk Go Digital

Ia juga menuturkan jika ada kegiatan yang bisa divirtualkan dan tidak. Apalagi manusia sebagai makhluk sosial yang berkeinginan untuk berinteraksi secara langsung.

"Karena ada yang bisa divirtual, ada yang tidak bisa divirtualkan. Karena kembali manusia pada dasarnya makhluk sosial yang harus berinteraksi secara langsung," ungkapnya.

Ilustrasi memasak/membuat kue.

Bergabung di Komunitas Bisa Jadi Wadah Inspirasi, Kolaborasi & Kesuksesan Bagi Pelaku Bisnis Kuliner

Industri kuliner di Indonesia terus berkembang pesat dengan berbagai peluang menarik bagi para pelaku bisnis. Ini adalah salah satu industri menjanjikan di Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024